Ini Titik Pohon Tumbang dan Genangan Air di Jakarta

Jalanan Jakarta
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Edwin Firdaus

VIVA – Genangan air terjadi di sejumlah kawasan Jakarta Selatan, akibat hujan deras mengguyur kota Jakarta hari ini, Kamis, 19 Oktober 2017.

Datsun Remuk Tertimpa Pohon Tumbang di Semarang, Sopir Terjepit

Selain banjir, pohon tumbang pun banyak terjadi di sekitar kawasan Jakarta Selatan, alhasil memperparah kemacetan lalu lintas.

Informasi dihimpun, banjir tampak terjadi di beberapa titik seperti di Jalan TB Simatupang, tepat di samping Gedung Kementerian Pertanian, Pasar Minggu, Jakarta Selatan atau di depan SPBU Jati Padang.

Tertimpa Pohon Tumbang di Tangsel, Pengendara Wanita Terluka

Akibatnya, arus lalu lintas arah Jagakarsa ke Lebak Bulus semakin tersendat. Kendaraan-kendaraan pun terpantau terendam air setinggi ban saat melintasi area tersebut.

Pohon tumbang juga terjadi di depan Gedung Trakindo diiringi banjir di jalanan, arus kendaraan dari arah lampu merah Kementan menuju Lebak Bulus pun tersendat. Saat ini, pohon tersebut tengah dievakuasi petugas.

Pohon Besar di Kebayoran Baru Tumbang Timpa Fortuner Hingga Ringsek

Adapun di Jalan Lenteng Agung, tepat di Stasiun Tanjung Barat, air juga menggenangi jalanan membuat arus lalin dari Pasar Minggu menuju Depok tersendat. Di kawasan Jalan Kemang Raya, Kemang Timur, dan Jalan Ampera Raya pun air menggenangi jalanan membuat arus kendaraan macet parah.

Dilansir dari TMC Polda Metro Jaya, rata-rata, banjir akibat hujan deras seharian ini, di sejumlah jalanan itu mencapai tinggi 25 sentimeter. Di Jalan Benda, tepat di dekat TPU Jeruk Purut, sebuah pohon pun tumbang menutupi jalanan. Saat ini, pohon tersebut tengah dievakuasi.

Ditemui awak media, Lurah Jati Padang, Novriyanto mengatakan, sebuah tanggul sementara di RT 11 RW 06, Jati Padang, Pasar Minggu, Jaksel jebol akibat tidak kuat menahan aliran dari kali. Tanggul tersebut sebenarnya sudah jebol sejak dua bulanan lalu, hanya saja belum sempat diperbaiki sehingga dibuat tanggul sementara dari tumpukan pasir.

"Iya jebol, itu tanggul dari karung pasir," ujarnya saat dikonfirmasi, Kamis petang.

Akibat jebolnya tanggul tersebut, kata dia, banjir pun menyasar ke permukiman penduduk di sekitar tanggul. Selain di Jati Padang, banjir cukup tinggi pun terjadi di Jalan Ketapang, Jalan Jati Padang 3, Jalan Nurul Iman, dan Gang Sabili.

Sementara itu, Kasudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Selatan, Irwan, menambahkan, pihaknya tengah mengerahkan perahu karet ke lokasi untuk mengevakuasi warga dan membantu warga menyeberang.

"Satu unit perahu karet menuju TKP disiapkan untuk evakuasi korban banjir," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya