Polisi Bubarkan Massa Mahasiswa Demonstrasi di Depan Istana

Demo depan Istana Merdeka
Sumber :

VIVA – Polisi akhirnya membubarkan massa mahasiswa yang berdemonstrasi di depan Istana Merdeka, Jakarta, pada Jumat tengah malam, 20 Oktober 2017. Aparat membubarkan mereka karena telah melewati batas waktu unjuk rasa, yakni pukul 18.00 WIB.

Bendera Merah Putih dan Teks Proklamasi Dibawa Pakai Kereta Kencana

Polisi sempat membiarkan aksi unjuk rasa itu hingga melewati pukul 18.00 WIB karena demonstrasi berjalan damai dan tertib. Namun aparat tak lagi menoleransi demonstrasi itu karena sudah tengah malam dan menjelang dini hari.

Petugas pun mulai membuka pagar kawat berduri yang sebelumnya dipakai untuk menutup Jalan Medan Merdeka Barat. Kendaraan taktis polisi, seperti truk penyemprot air (water canon) dan baraccuda, pun dimundurkan.

Buruh dan Mahasiswa Demo Tolak Kenaikan BBM

Massa awalnya menolak membubarkan diri. Mereka bertahan dengan duduk di satu lajur Jalan Medan Merdeka Barat. Massa sempat berpindah ke jalur dari arah Istana ke Jalan MH Thamrin meski hanya sementara.

Sekira pukul 23.50 WIB, massa akhirnya bersedia membubarkan diri meski dengan pengawalan aparat. Mereka berangsur-angsur berjalan meninggalkan Jalan Medan Merdeka Barat menuju Jalan MH Thamrin. Jalan Medan Merdeka Barat pun sudah dapat dilalui kendaraan. Begitu juga jalur dari arah Jalan MH Thamrin ke kawasan Harmoni. (mus)

Sejarah Istana Merdeka Jakarta, Perlu Diketahui
Ilustrasi pengalihan arus lalu lintas.

Demo Buruh di Patung Kuda, Waspada Macet: Arus Lalu Lintas Dialihkan

Elemen buruh bakal menggelar demo di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha (Indosat), Gambir, Jakarta Pusat, hari ini.

img_title
VIVA.co.id
2 Oktober 2023