Ribuan Orang Antre E-KTP di TMII, Begini Alur yang Benar

Perekaman Data E-KTP Ditarget Selesai Pertengahan 2017
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

VIVA – Antrean mengular sekitar satu kilometer sejak Sabtu pagi, 21 Oktober 2017 di Taman Mini Indonesia Indah. tvOne lewat program Apa Kabar Indonesia melaporkan, ribuan warga mengaku sudah datang dan mengantre sejak pukul 3 pagi untuk mendapatkan KTP elektronik (e-KTP).

INFOGRAFIK: Cara Buat KTP Digital

Zudan Arif Fakhrulloh, Dirjen Dukcapil Kemendagri, mengaku terkejut dengan antusiasme masyarakat terhadap layanan ini. Namun, ada informasi hoaks yang beredar yang harus diluruskan. 

Pesan berantai yang diterima masyarakat mengatakan bahwa e-KTP bisa langsung dicetak. Zudan menegaskan itu tidak benar, yang dilakukan di TMII hanya perekamannya saja. 

Rektor UIN Jakarta Semprot Agus Rahardjo Soal e-KTP: Pak Agus Seharusnya Merespon Saat Itu

"Ini berita hoaks yang tidak benar. Tapi karena masyarakat sudah datang, tidak mungkin tidak kami layani, jadi perlu kesabaran masyarakat karena tidak bisa dicetak langsung jadi, perlu antre. Hari ini datang ambil nomor, lalu taruh berkas di kardus yang sudah disediakan, bisa langsung pulang. Besok baru bisa diambil," Zudan menerangkan. 

Dia juga menambahkan, syarat perekaman e-KTP sangat mudah. 

Respon Jokowi Usai Mantan Ketua KPK Agus Rahardjo Dilaporkan ke Bareskrim Polri

"Syarat untuk merekam e-KTP sudah sangat mudah, cukup membawa Kartu Keluarga. Tidak perlu ada surat pengantar RT, RW, tidak perlu," tambahnya.

Di hari ketiga pelayanan rekam e-KTP ini, Zudan menjelaskan sudah menurunkan enam tim, dua kali lipat dari kemarin. Pihaknya juga telah menyiapkan 5 ribu kartu pemohon. Kami harap, masyakarat bersabar dan tidak berdesak-desakan.

"Yang jelas, dari sistem ini, masyarakat tidak harus menunggu. Setelah dapat nomor antrean, tinggal ditaruh saja. Nanti petugas kami akan mengambil, masyarakat tinggal pulang saja. Besok seharian penuh kartunya baru bisa diambil," tuturnya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya