Puting Beliung di Kepulauan Seribu Tak Terkait Reklamasi

Tiga pusaran angin yang muncul di Kepulauan Seribu
Sumber :
  • twitter.com/sutopo_BPNB

VIVA – Masyarakat sempat dihebohkan dengan beredarnya foto fenomena tiga pusaran angin yang muncul secara bersamaan di wilayah Kepulauan Seribu, Jakarta. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam pernyataan tertulisnya sudah memastikan bahwa munculnya pusaran angin yang biasa disebut angin puting beliung atau tornado dalam skala kecil itu merupakan gejala alam biasa.

Foto Pernikahan yang Hilang Ditemukan 225 Km dari Tempat Asalnya

Karena terjadi di laut, peristiwa itu kerap disebut juga sebagai waterspoot.  Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI, ketiga pusaran angin itu muncul pada pukul 09.00 WIB, Senin, 23 Oktober 2017.

Kejadian ini sempat dikaitkan dengan proyek reklamasi yang sedang dilakukan di daerah tersebut. Namun hal ini dibantah oleh Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) lewat akun Twitternya.

Gubernur Kentucky Minta Status Bencana Besar Usai Disapu Tornado

"Tiga Puting Beliung yang muncul di Kepulauan Seribu DKI Jakarta tidak ada kaitan dengan reklamasi. Ini faktor alam," tulisnya lewat akun @Sutopo_BNPB, 23 Oktober 2017.

Sutopo juga memastikan bahwa kejadian munculnya puting beliung di Kepulauan Seribu tidak memakan korban jiwa.

Tornado Kentucy: Pencarian Penyintas Digiatkan, Korban Tewas Bertambah

Berdasar informasi sebelumnya dari BNPB, angin muncul di perairan sekitar Pulau Opak dan di belakang Pulau Kaliage, dua pulau yang diketahui tidak berpenghuni. Kedua pulau ini berada di wilayah administrasi Kelurahan Harapan, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara. (ren)

Penampakan angin tornado di Rancaekek, Kabupaten Bandung, Rabu 12/2

Peneliti BRIN Sebut Badai di Rancaekek Tornado Pertama di RI, Begini Kedahsyatannya

Peneliti Pusat Riset Iklim dan Atmosfer BRIN Erma Yulihastin menyebut fenomena angin dahsyat yang meluluhlantahkan bangunan di Rancaekek Bandung sebagai angin tornado

img_title
VIVA.co.id
22 Februari 2024