TNI AU Tangkap Pelaku Vandalisme Helikopter

Helikopter TNI AU jadi korban vandalisme pemuda mabuk.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Muhammad Aprian Romadhoni.

VIVA.co.id - Akibat di bawah pengaruh minuman keras, tiga pemuda tanggung nekat berulah dengan mencoret-coret helikopter di Landasan Udara Atang Sendjaja, Kemang, Kabupaten Bogor. Ulah para pemuda itu dengan cepat berhasil diendus Satuan Polisi Militer ATS dan langsung menangkapnya di wilayah Kota Depok.

5 Negara dengan Angkatan Udara Terkuat di Dunia Tahun 2024, Indonesia Gak Termasuk?

Peristiwa itu juga diunggah akun twitter resmi TNI Angkatan Udara @_TNIAU. Di dalam unggahan, tampak foto tiga pemuda yang usianya kisaran 18 tahun tahun mengenakan jaket hitam, merah, dan satunya abu-abu.

"Pemuda iseng, yg tdk punya tanggung jawab serta rasa memiliki atas barang negara yg dilestarikan, jangan dicontoh!!!," tulis akun tersebut.

Israel vs Iran, Mana Lebih Unggul dalam Perlengkapan Militer?

Berdasarkan keterangan pihak TNI AU, peristiwa itu terjadi pada, Selasa, 24 Oktober pukul 03.00WIB Pagi. Aksi nekad dilakukan tiga remaja itu juga diabadikan dalam sebuah video berdurasi pendek dan ramai di media Instagram. Dalam adegan 20 detik, salah satu pelaku merekam dan tampak dalam video tersebut, dengan tubuh sempoyongan melompati pagar.

Sambil mengocok cat piloks, pemuda itu langsung menuliskan huruf MBV 17 dari kepala hingga buntut kapal di badan sebelah kiri helikopter.

Polri Siapkan Helikopter Jadi Ambulans Udara saat Arus Mudik, Bisa Turun di 6 Titik

Dansatpom ATS, Letkol Pom Kadek Jaya, menjelaskan, helikopter yang menjadi target vandalisme adalah pesawat sungguhan yang sudah tidak digunakan. Helikopter itu baru saja rampung dipugar. Satu hari sebelumnya dicat dan dipugar body pesawatnya. Nantinya, helikoter ini akan menjadi monumen pengganti helikopter sebelumnya.

"Memang sedang kami bangun agar lebih cantik," katanya seperti konfirmasi yang diterima VIVA.co.id, Rabu, 25 Oktober 2017.

Kadek mengatakan, kasus vandalisme ini sepenuhnya diserahkan Satpom ATS kepada Kepolsian Sektor Kemang, Polres Bogor. "Memberitahukan orangtua mereka agar mereka ini jera atas tindakannya," ujarnya.

Sebelumnya, monumen ini diisi helikopter yang lebih kecil. Saat ini TNI memugarnya dan digantikan dengan helikopter jenis lain. Monumen Helikopter ini tampak gagah di siang hari dan memesona saat malam. Lokasi ini menjadi icon warga Bogor saat melintasi ATS. Tak sedikit, warga yang membawa anak mereka untuk berfoto ria.

Pelaku sendiri bukan berasal dari Bogor. Pelaku vadalisme pertama berinisial A, DO, dan DM berhasil ditemukan di rumahnya kawasan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok.

Usai ditanggap mereka diintrograsi petugas. Kepada Satpom ketigannya mengaku masih dibawah pengaruh minuman keras.

Pemeran pelaku eksekusi dalam video yang membuat coretan, A, mengakui perbuatan itu juga didasari obsesinya menjadi vandalisme saat menonton aksi-aksi vandalisme di Youtube. "Tapi enggak  sengaja pak apalagi direncanakan. Kami kebetulan lewat saja pak," kata A.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya