Tagih Janji Anies-Sandi Setop Reklamasi, Nelayan Demo Lagi

Unjuk rasa nelayan tuntut setop reklamasi, di Balai Kota, Jakarta
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Ade Alfath

VIVA – Ratusan orang dari Paguyuban Nelayan Pengolah Ikan Muara Angke kembali berunjuk rasa di depan Balai Kota, Jakarta, Kamis, 26 Oktober 2017. Mereka menagih janji Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno untuk menghentikan reklamasi di Teluk Jakarta. 

Somalia: dari Nelayan Menjadi Bajak Laut, Kisah Pilu di Lautan Anarki

"Salah satu janji konkretnya Pak Anies-Sandi adalah menolak reklamasi. Kami perwakilan dari nelayan ini sesungguhnya adalah perwakilan yang terdampak langsung dari reklamasi. Perwakilan dari Muara Angke, Muara Kamal, yang mata pencahariannya hilang akibat reklamasi ini," kata Tim Lawyer Korban Reklamasi, Taufiqurrahman. 

Mereka juga menyuarakan tuntutan agar Anies-Sandi memecat Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah, dan Kepala Bappeda DKI Jakarta Tuti Kusumawati. Mereka berdua dianggap melanggar hukum terkait pencabutan moratorium reklamasi. 

Begini Detik-detik Nelayan Gondol Hiasan Emas di Kubah Masjid Buru Maluku

"Bu Tuti ini sangat terlibat langsung dalam pengelolaan tata ruang. Perizinan ini sangat berantakan, tapi beliau berani mengambil kebijakan untuk melanjutkan," ujarnya. 

Dia menambahkan, "Kalau Pak Sekda sangat terlibat langsung terkait penandatanganan perjanjian pulau D. Perjanjian ini ditandatangani tanggal 23 Agustus di mana status moratorium masih aktif. Kita sama tahu moratorium dicabut 5 Oktober sehingga dari perspektif hukum ini sudah melanggar," tuturnya. 

Ngeri, Buaya Terkam Nelayan di Aceh Singkil hingga Tewas

Para nelayan itu pun mengancam akan terus melakukan aksi serupa jika tuntutannya tidak didengar. "Kami hadir di sini untuk meyakinkan bahwa reklamasi ini tidak berpihak kepada rakyat. Selama aksi ini belum didengar, belum disampaikan secara tegas oleh Gubernur dan Wagub, kami akan terus menggelar aksi," katanya. (ase)

[dok. Aruna Indonesia]

Dukung Target Produksi KKP, Produsen Seafood Aruna Siap Perluas Pasar hingga Varian Produk

Aruna Indonesia menegaskan komitmen untuk memperluas pasar dengan menghadirkan beragam produk seafood yang diminati pasar global dan domestik.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2024