Sandi Bicara Soal Lahan Reklamasi yang Telanjur Dibangun

Proyek Reklamasi di Teluk Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

VIVA – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, dengan tegas bakal menghentikan proyek reklamasi sesuai janjinya. Sandi ingin konsisten dengan 23 program kerja yang ia dan Gubernur Anies Baswedan janjikan kepada rakyat Jakarta saat pilkada lalu.

Kalah di PTUN, DKI Banding Putusan soal Reklamasi Pulau I

Meski tegas akan menghentikan reklamasi, namun Sandi mengaku akan memanfaatkan lahan reklamasi yang sudah terbentuk. Ia mengatakan reklamasi yang belum berjalan akan dihentikan, namun untuk lahan yang telah terbentuk menjadi daratan ia berpikir untuk memanfaatkan lahan itu.

"Berkaitan dan mandat dari warga Jakarta, kami sudah memutuskan untuk menghentikan reklamasi. Yang jadi menarik mau diapakan yang sudah terbangun? Bagaimana pemanfaatannya?" kata Sandi saat menghadiri acara diskusi bertema 'Untung Rugi Reklamasi' di DPD DKI Partai Golkar, Minggu, 29 Oktober 2017.

PKS Sindir Pemindahan Ibu Kota Kompensasi Gagalnya Reklamasi Jakarta

Sandi mengatakan, terkait pemanfaatan lahan tersebut harus diajukan ke Kementerian Lingkungan Hidup. Nanti akan dikaji lagi untuk apa lahan tersebut dimanfaatkan dan seberapa banyak tenaga kerja yang dapat diserap dari hasil pemanfaatan lahan tersebut.

"Dilihat kajian berapa banyak lapangan pekerjaan, pemikiran dan pemanfaatan, dan untuk siapa lapangan kerja tersebut. Pendidikan seperti apa untuk Jakarta Utara nanti pemanfaatannya," ujar Sandi. (ase)

Kesatuan Nelayan Nilai IMB Reklamasi untuk Bisnis Semata
Komik Anies Baswedan soal reklamasi (Facebook/KomikKita)

Komik Bikin Ngakak: Anies Baswedan Reklamasi No, Perluasan Daratan Yes

Komik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan soal reklamasi.

img_title
VIVA.co.id
8 Juli 2020