Ibu yang Kubur Diri di Istana Gemetar Saat Bertemu Jokowi

Aksi Kubur diri petani karawang
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA – Ada kejadian menarik saat Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke wilayah Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Jokowi Tegaskan Freeport Bukan Milik Amerika Lagi, tapi Indonesia

Presiden Jokowi bertemu dengan warga yang pernah berdemo dan mengubur diri di depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Warga tersebut berasal dari Teluk Jambe, Kabupaten Karawang. Di mana, dalam pembagian SK (surat keputusan) pemanfaatan hutan sosial, pelaku kubur diri itu juga hadir. 

Risma dan Menteri PKB Tak Ikut Buka Puasa Bersama Jokowi, Budi Arie: Jangan Didramatisir

Bahkan Jokowi secara khusus meminta salah satu warga Teluk Jambe yang ikut aksi kubur diri di depan Istana Merdeka, maju ke panggung.

Remiyati, perempuan paruh baya, yang ikut aksi kubur diri sebagai protes terhadap Presiden Jokowi pada aksi yang dilakukan bulan April 2017, memperkenalkan diri. Ia terlihat takut. "Kok gemetaran," ujar Jokowi melihat Remi yang ada di sampingnya.

Jokowi Imbau Warga Mudik Lebih Awal, Jumlahnya Naik 56 Persen

Lalu, Presiden meminta kepada Remi untuk menceritakan perjuangan ia dan ratusan warga lainnya saat melakukan aksi kubur diri tersebut. "Memang benar Pak, waktu itu saya kepepet untuk melaksanakan kubur diri," kata Remi membuat pengakuan.

Jokowi pun meminta, agar Remi dan yang lainnya tidak mengulangi aksi seperti itu. Karena menurutnya, aksi itu hanya menyiksa diri sendiri.  "Karena saya sudah saking bingung untuk pertahankan kehidupan warga yang ada di Teluk Jambe,"  kata Remi beralasan.

Kini, pemerintah memberikan SK pemanfaatan lahan perhutanan sosial seluas 2.100 hektare kepada 1.030 kepala keluarga. Setelah lahan ini diberikan untuk dimanfaatkan, Remi mengaku akan menanam sejumlah tanaman seperti jagung, jeruk, pisang dan mangga.

Jokowi mengingatkan, suatu saat ia bisa menengok lokasi di Teluk Jambe itu. Kalau memang tidak digunakan, Presiden menegaskan akan mencabut SK pemanfaatan yang diberikan tersebut.

Dalam kesempatan itu, Remi juga meminta agar Presiden Jokowi membangun akses jalan yang layak menuju tempat mereka. Termasuk soal listrik, yang menurutnya belum masuk ke wilayah itu.

Jokowi berjanji, akan memenuhi permintaan warga Teluk Jambe tersebut. Tetapi, untuk listrik, Presiden ingin agar warga sanggup membayar iuran tiap bulan. "Ya sudah nanti dilakukan. Nanti saya tangguhkan. Tapi nanti bayarnya harus bisa lho ya," kata Jokowi. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya