Menjajal Bus TransJakarta Elite Mengaspal di Ibu Kota

Bus Royaltrans diuji coba, Senin, 20 November 2017
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Syaefullah

VIVA – Bus bernama Royaltrans itu melaju di Jalan Sudirman, Jakarta. Bus TransJakarta elite tersebut tengah diuji coba mengaspal di rute Bundaran Senayan-Poris, Senin, 20 November 2017.

Heboh Naik Harga, Transjakarta Tegaskan Tarif Royaltrans Tetap Rp 20 Ribu

VIVA.co.id sempat menjajal bus Royaltrans mulai dari Bundaran Senayan hingga Palem, Tangerang, Senin, 20 November 2017. Bus mulai bergerak dari halte awal sekitar pukul 15.30 WIB. Ketika memasuki bus, tampak kursi-kursi berwarna cokelat berjajar dua-dua menghadap ke depan searah lajunya bus. 

Saat diduduki, bangku-bangku itu terasa empuk. Pada bagian belakang setiap kursi tersedia USB port. Di bagian atas bangku terdapat bagasi. Pendingin ruangan bus tersebut terasa dingin memberikan kesejukan bagi penumpangnya. Dalam bus juga dilengkapi televisi dan closed circuit television (CCTV), audio, serta Wi-Fi. Namun, saat itu, televisi dan Wi-Fi belum nyala.

Ada Demo Buruh, Dua Rute TransJakarta Depan DPR Setop Operasi

Kursi-kursi bus tampak penuh penumpang. Ada juga penumpang yang berdiri. Tempat untuk berdiri hanya bisa satu lajur. Perjalanan dari Bundaran Senayan hingga Palem, Tangerang tersebut memakan waktu sekitar satu jam. Rute yang dilewati antara lain melalui Slipi lalu masuk Tol Kebon Jeruk hingga ke halte Palem.

Hari itu merupakan uji coba perdana bus yang dioperasikan untuk memfasilitasi kalangan menengah ke atas, agar mau menggunakan transportasi publik, tersebut. 

Hari Ini Layanan Bus Transjakarta Normal Lagi

Baru pertama kali diuji coba, kehadiran bus itu mendapat respons positif dari warga. "Bagus busnya, nyaman sekali," ujar Rahma (56) kepada VIVA.co.id di Tangerang, Banten, Senin, 20 November 2017. 

Rahma ingin agar jumlah bus Royaltrans diperbanyak. Hal itu agar calon penumpang tidak menunggu terlalu lama. "Kalau bisa ditambah busnya. Soalnya manusia Tangerang-Jakarta cukup banyak," ujarnya. 

Ami (49), penumpang lainnya, sependapat dengan Rahma. Dia mengusulkan agar bus Royaltrans diperbanyak armadanya. Ia juga ingin agar ada bus Royaltrans khusus untuk perempuan. "Harus ada khusus perempuan, soalnya penuh banget," ujar Ami.

Sementara soal fasilitas bus, Anggun (27), penumpang bus Royaltrans, menilai bagus. Tempat duduknya juga lebih empuk. Namun, ada kekurangannya. "Tapi agak sempit ya, kalau biasa (bus Transjakarta) lebih luas. Kalau ini berdiri sama duduk space-nya agak sempit," ujarnya.  

Empat bus Royaltrans diuji coba untuk rute Poris-Bundaran Senayan setiap hari selama sepekan mendatang. Bus beroperasi mulai pukul 05.00-22.00 WIB.

Bus ini berkapasitas lebih kecil daripada bus reguler, yakni 43 orang terdiri atas 30 penumpang duduk dan 13 penumpang berdiri. Harga tiketnya sama dengan dengan bus reguler, yaitu Rp3.500. Bus dilengkapi sejumlah fasilitas premium, seperti USB port, televisi, bagasi dan kursi yang bisa diatur maju atau mundur. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya