Jelang Libur Panjang, Polda Metro Siapkan Skema Lalu Lintas

Lalu Lintas Jalan Sudirman, Jakarta Pusat.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA –  Jajaran Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menyiapkan skema pengaturan lalu lintas pada libur panjang akhir pekan yang jatuh pada hari Jumat 1 Desember 2017 hingga 3 Desember 2017. Ribuan kendaraan diperkirakan akan meninggalkan Jakarta.

Ada Demo di Depan DPR, Arus Lalu Lintas dari Semanggi ke Slipi Dialihkan

Kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Halim Pagarra, sebanyak 787 anggotanya akan diturunkan guna mengatur lalin di wilayah hukum Polda Metro Jaya selama libur long weekend.

"Nanti ada dari Dishub juga," kata dia saat dikonfirmasi wartawan, Kamis 30 November 2017.

Dikebut Pemasangan 70 Kamera ETLE di Jakarta, Target 31 Desember Rampung

Ia menjelaskan, skema pengaturan lalin dibagi jadi tiga. Pertama, pengalihan arus, lalu contra flow, sedangkan yang terakhir adalah penutupan jalan.

Skema itu diyakini bisa membuat kondisi lalin tak macet. Kata dia, pengaturan lalin pada libur long weekend difokuskan di gardu tol masuk dan ke luar Cikarang Utama. Mengingat, kawasan itu merupakan titik rawan kemacetan.

Mobil dan Motor yang Ingin Uji Emisi, Mesti Tahu Dulu Hal Ini

"Kami akan memilih salah satu dari tiga skema itu. Harus lihat kondisi juga ya," ujarnya.

Selain menyiapkan skema pengaturan lalin, polisi pun akan memberikan penjagaan di lokasi wisata di Jakarta yang diprediksi akan ramai pada libur panjang nanti seperti, Kebun Binatang Ragunan dan Ancol.

Kepala Bidang Hubugan Masyarakat Polda  Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono mengatakan, polisi akan ditempatkan di tempat-tempat ramai itu. Tapi, dia tidak merincikan jumlahnya.

"Semua (anggota polisi) terlibat," kata Argo. (Foe)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya