Tagana: Bekasi Diprediksi Banjir Januari 2018

Ilustrasi air
Sumber :
  • Pixabay/ Public Domain Pictures

VIVA – Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Bekasi, Roby Hermawa memperkirakan Kota Bekasi akan diterjang banjir besar pada Januari 2018 mendatang.  "Kemungkinan puncak banjir akan terjadi di bulan Januari," kata Roby, Rabu, 13 Desember 2017.

Cerita Seputar Syuting Film Primbon, Tantangan Cuaca dan Suasana Ngeri di Hutan

Roby menambahkan, titik banjir akan terpusat di dua kali, yakni Kali Bekasi dan Kali Cakung. Aliran dari dua kali itu berbeda. "Kali Bekasi mengaliri wilayah Selatan sedangkan Kali Cakung mengaliri pemukiman di sisi Barat," ujarnya.

Saat ini, kondisi air di Kali Bekasi masih mencapai 300 sentimeter dari permukaan tanah. Intensitas hujan yang tinggi belum membuat daratan Kota Bekasi terendam banjir. Meskipun ada, menurut dia, baru berupa genangan. "Itu pun dalam beberapa jam air sudah kering kembali," ujarnya.

Prakiraan Cuaca BMKG: Jakarta Siang Hujan Petir, Malam Berawan

Roby mengatakan, pihaknya sudah mengantisipasi 49 titik daerah rawan banjir. Penyebab banjir rata-rata karena kerusakan drainase sehingga air tidak mengalir saat intensitas hujan tinggi. 

Ilustrasi warga berjalan menggunakan payung saat hujan di Jakarta.

Hujan Lebat Diprediksi Bakal Guyur Sebagian Besar Wilayah Indonesia, Termasuk Jakarta

Hujan lebat diperkirakan bakal mengguyur sebagian besar wilayah di Indonesia seiring dengan adanya siklon tropis Saola yang bergerak di perairan timur Filipina.

img_title
VIVA.co.id
27 Agustus 2023