Jelang Natal, Ribuan Penjahat Ditangkapi

Ribuan penjahat di Jakarta ditangkap polisi
Sumber :
  • VIVA.co.id / Syaefullah

VIVA – Jajaran kepolisian Polda Metro Jaya menangkap  ribuan orang dalam operasi antisipasi gangguan ketertiban dan keamanan masyarakat menjelang Natal dan tahun baru pada 7-13 Desember 2017. 

Polisi Buru Pelaku Jambret Bocah 8 Tahun di Jakarta Selatan

"Selama tujuh hari operasi, kami berhasil mengamankan 1.475 orang," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Nico Afinta di kantornya, Jakarta, Kami, 14 Desember 2017. 

Kata Nico, dari jumlah itu, 225 orang ditahan dan 1.250 orang dilakukan pembinaan aparat kepolisian. Mereka yang dibina diketahui melakukan parkir liar, pungli, preman, calo, miras, pengamen, Pak Ogah.

Curi Penguat Sinyal, Mantan Pegawai Telkom Ditangkap Polisi

Para pelaku melakukan berbagai tindak pidana yang ada di wilayah DKI Jakarta, Bekasi, Depok dan Tangerang Selatan, dan Tangerang Kota.

Tercatat, jenis kasus yang berhasil diungkap sebanyak 534 kasus seperti kasus pencurian motor, perjudian, penggeroyokan, tipu gelap, pencurian dengan kekerasan, pencurian dengan pemberatan, dan juga pembunuhan.

Kesal dengan Istri, Pria Ini Bunuh Anak Tirinya

Selain itu, kata Nico, ada juga kasus pencopetan, tindak pidana asusila di kereta api dan juga derek liar di jalan tol.

"Kami mengingatkan derek liar jangan beroperasi di jalan tol dan masyarakat tetap memakai jasa jalan tol," ujar Nico.

Adapun barang bukti yang diamankan antara lain, uang tunai Rp350 ribu, 4 pucuk senjata rakitan dan 3 senpi air soft gun, 40 buah senjata tajam, 73 handphone dan miras 289 botol, kendaraan roda dua 43 unit, dan kendaraan roda 413 unit.

Untuk itu, Nico mengimbau kepada masyarakat dan tempat pengisian bahan bakar minyak (SPBU), minimarket, agar dapat menambah CCTV dan melakukan pengamanan jelang natal dan tahun baru.

"Kami juga sudah menyiapkan tim satgas di lapangan," katanya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya