Malam Tahun Baru, Wisata Ancol Tampung Parkir 33 Ribu Motor

Macet di kawasan wisata Ancol.
Sumber :
  • Danar Dono/VIVA.co.id

VIVA – Sebagai pusat perayaan malam tahun baru, Taman Impian Jaya Ancol telah melakukan berbagai persiapan untuk menyambut ribuan pengunjung. Mulai dari fasilitas, sarana prasarana, serta pengaturan lalu lintas telah disusun untuk kenyamanan pengunjung yang menghabiskan pergantian tahun di Ancol.

Petugas Sekuriti Ancol Pengeroyok Pengunjung hingga Tewas Ternyata 5 Orang

Corporate Communication PT Taman Impian Jaya Ancol, Rika Lestari mengatakan, salah satu persiapan yaitu, menyediakan sistem parkir terpusat.

"Biasa disebut sebagai Sentral Parkir, merupakan upaya pengelola Ancol untuk mengurai kepadatan di dalam kawasan Ancol terutama bagi kendaraan roda dua dan lebih," kata Rika kepada VIVA, Sabtu 30 Desember 2017.

Geger! Wahana Halilintar di Dufan Berhenti Saat Menanjak, Pengunjung Dibuat Histeris

Rika menjelaskan, sistem parkir tersebut akan dibagi dalam tiga zona parkir, yaitu Sentra Parkir Timur, Parkir Barat, dan Parkir Tengah.

Untuk Zona Parkir Timur, terletak di area Pantai Carnaval. Untuk menuju area parkir ini, pengunjung masuk melalui Pintu Gerbang Carnaval. Kapasitas parkir mampu menampung 8.000 unit mobil dan 16 ribu unit motor.

Gak Mau Liburan Jauh-jauh, Ada Tiket Gratis Masuk Ancol Masih Ada Ribuan

Kemudian, Zona Parkir Tengah, terletak di area Parkir Gondola, menuju area parkir ini pengunjung masuk melalui Pintu Gerbang Timur. Kapasitas parkir 7.000 unit motor.

Selanjutnya, Zona Parkir Barat, terletak di area Parkir Ecovention dan Pasar Seni. Menuju kantong parkir ini pengunjung masuk melalui Pintu Gerbang Barat. Kapasitas parkir 5.000 unit mobil dan 11 ribu unit motor.

"Dari total zonasi tersebut maka diperkirakan kawasan parkir Ancol mampu menampung sekitar 13 ribu unit mobil dan 33 ribu unit motor," ujarnya.

Rika menuturkan, pemberlakuan sistem sentral parkir ini dimulai pada 31 Desember 2017, pukul 05.00 WIB hingga 1 Januari 2018 pukul 23.00 WIB.

"Untuk memobilisasi pengunjung ke tempat rekreasi yang dituju, Manajemen menyiapkan sekitar 112 bus wara-wiri dan tiga rangkaian kereta sato-sato yang beroperasi selama 24 jam," katanya.

Arus masuk Ancol

Manajemen, kata Rika, juga mengerahkan tim gabungan yang terdiri dari TNI, Polisi, Satpol PP, Pramuka, Dishub, P3K, Kebersihan, lifeguard dan torguide yang akan diturunkan untuk menjaga ketertiban dan kebersihan kawasan Ancol. Fasilitas pendukung lain yang disiapkan yakni, 46 toilet,12 pos lifeguard, dan 11 unit ambulans.

"Dengan seluruh rangkaian persiapan ini, Ancol siap menerima ribuan pengunjung yang akan menghabiskan malam pergantian tahun," ujar Rika.

Guna memudahkan pengunjung menuju kantong parkir yang disediakan, maka dibuat skema arus masuk dan keluar kawasan Ancol. Bagi pengunjung yang menuju Ancol di bawah pukul 09.00 WIB diarahkan untuk memasuki pintu Gerbang Carnaval dan setelah jam tersebut dapat masuk melalui gerbang barat, gerbang timur, Gerbang Marina dan tentunya Gerbang Carnaval.

"Pengaturan waktu masuk ini kami tujukan agar kantong parkir yang disediakan dapat optimal mengakomodasi pengunjung," katanya.

Untuk menghindari kepadatan arus masuk dan keluar kendaraan, maka pada 31 Desember 2017 unit-unit rekreasi seperti Dufan, Seaworld Ancol, Atlantis Water Adventure dan Ocean Dream Samudra akan tutup lebih awal yaitu pukul 15.00 WIB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya