Tanggul Cisanggarung Brebes Jebol, Kereta Api Jawa Lumpuh

Kondisi air di Sungai Cisanggarung, Brebes, Jawa Tengah.
Sumber :
  • Repro Instagram

VIVA – Tanggul di Sungai Cisanggarung, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, jebol akibat meluapnya air setelah wilayah ini diguyur hujan deras. Akibat peristiwa ini, jalur utama kereta api Pulau Jawa terputus.

Jalur Pantura di Karanganyar Demak Banjir, Kendaraan Dialihkan Lewat Welahan Jepara

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho, luapan air akibat jebolnya tanggul telah menggerus jalur utara kereta api. 130 perjalanan kereta api dilaporkan terganggu.

"Jalur kereta api lumpuh di Brebes akibat terendam banjir jebolnya tanggul Sungai Cisanggarung di Losari, Kabupaten Brebes. Jadwal 130 kereta api terganggu," kata Sutopo dalam keterangan tertulis seperti dikutip VIVA di akun Twitternya, Jumat, 23 Februari 2018.

Tanggul Jebol Akibatkan Karang Anyar Demak Banjir, Akses Pantura Semarang-Kudus Terputus

Selain memutus jalur utama kereta api Pulau Jawa, luapan air Sungai Cisanggarung juga menyebabkan sejumah wilayah di Kecamatan Losari, Brebes dan Losari, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, terendam banjir. Bahkan dikabarkan banjir mencapai ketinggian dua meter.

Curah Hujan Tinggi, Perbaikan Tanggul Jebol Pemicu Banjir Bandang di Grobogan Dikebut

Hingga saat ini belum ada laporan tentang korban jiwa dalam bencana banjir akibat jebolnya tanggul di Sungai Cisanggarung. (ase)

Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana

Sepekan Terjadi 30 Bencana Besar di Jateng, Pj Gubernur: Percepat Penutupan Tanggul

Rentetan bencana banjir besar terjadi akibat intensitas hujan yang tinggi dalam beberapa hari di wilayah Jateng. Sungai meluap hingga membuat tanggul jebol

img_title
VIVA.co.id
18 Maret 2024