Gaji PNS Muslim Dipotong Zakat, Menag Tunggu Fatwa MUI

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin (kedua kiri)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Kementerian Agama masih menunggu adanya pembahasan fatwa dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk memutuskan terkait zakat bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) muslim dari segi syariahnya. 

Fatwa MUI Sebut Mata Uang Kripto Haram, Mengapa Jadi Kontroversi?

"Kami juga menyelesaikan muzakaroh komisi fatwa MUI, karena bulan April akan ada ijtima ulama komisi fatwa MUI dan isu tentang optimalisasi zakat di kalangan ASN," kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam agenda Rakornas Baznas di Bali, Rabu, 21 Maret 2018. 

Selain itu, dalam menentukan aturan zakat bagi ASN, perlu juga ada pembahasan dari para pakar hukum tata negara, para ahli hukum dan juga dari kalangan akademisi. Lukman menuturkan bahwa Kementerian Agama mendorong agar para ASN muslim yang ingin membayar zakat terfasilitasi dengan baik. 

5 Hal Seputar Ahmad Zain An Najah, Anggota MUI yang Ditangkap Densus

"Prinsipnya begini, bagi ASN muslim yang ingin berzakat itu sudah bisa difasilitasi oleh Pemerintah, prinsipnya itu. Kami sedang menyiapkan fasilitas bagi ASN muslim yang ingin berzakat dari gaji yang ia terima," ujarnya. 

Sementara itu, Ketua Badan Amil Zakat Bambang Sudibyo mendorong zakat bagi ASN itu diatur dalam peraturan presiden. Perpres itu sangat penting untuk menguatkan Undang-undang tentang zakat. 

MUI Sulsel Keluarkan Fatwa Soal Pengantar Jenazah Anarkis

"Inisiatif itu dari Baznas. Sebaiknya instrumennya itu Perpres, karena kalau Inpres (instruksi presiden) itu nyatanya mandul untuk mendorong zakat. Sekarang bola ada di Kemenag," ujar Bambang. (ase)

Masjid Istiqlal menggelar Salat Jumat berjarak dengan protokol kesehatan ketat

MUI: Tetangga Banyak Kena COVID-19, Salat Jumat Boleh Diganti Zuhur

Fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020 Tentang Panduan Ibadah di Tengah Pandemi COVDI-19 masih relevan untuk dijadikan pedoman bagi umat. Apalagi Omicron makin merebak

img_title
VIVA.co.id
4 Februari 2022