Logo BBC

Tewasnya Bahrumsyah Komandan ISIS Indonesia Masih Misteri

Bahrumsyah tampil di salah satu video propaganda ISIS. - YouTube
Bahrumsyah tampil di salah satu video propaganda ISIS. - YouTube
Sumber :
  • bbc

Komandan kelompok yang menamakan diri Negara Islam (ISIS) asal Indonesia, Bahrumsyah, dilaporkan tewas dalam serangan udara militer Amerika Serikat di Suriah.

Dikabarkan, tewasnya Bachrumsyah disebutkan dalam komunikasi intrnal kalangan ISIS. Namun sejauh ini tak ada sumber resmi yang bisa memastikan kematian Bachrumsyah. Baik koalisi militer pimpinan Amerika Serikat, maupun otoritas Indonesia.

Solahudin, peneliti dari Pusat Kajian Terorisme dan Konflik Sosial, Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, mengatakan pantauan yang ia lakukan di kanal-kanal Telegram menyebutkan Bahrumsyah memang telah tewas.

"Informasi konfirmasi yang saya pantau di Telegram menyebutkan bahwa dia tewas di sana (Suriah)," kata Solahudin kepada BBC Indonesia, hari Kamis (26/04).

Sudah sejak lama ISIS menggunakan aplikasi pesan Telegram baik sebagai jalur komunikasi maupun medium distribusi informasi karena dianggap lebih aman dibandingkan aplikasi-aplikasi layanan pesan yang lain.

Pesan-pesan daring dari kelompok ISIS, seperti dipantau kantor berita Reuters, menyebutkan seorang warga Indonesia meninggal dunia setelah militer AS melancarkan serangan udara di Hajin, di utara kota Abu Kamal, Selasa pekan lalu (17/04).

Pesan yang diduga berasal tokoh ISIS, Abu Nuh, mengatakan Bahrumsyah tewas saat menghadiri pertemuan para petinggi ISIS. Selain menewaskan Bahrumsyah, serangan AS juga menghancurkan markas dan kendaraan ISIS.