Letusan Kecil Terjadi di Gunung Merapi

Letusan Gunung Merapi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

VIVA - Letusan freatik kecil atau hembusan selama 19 menit dengan ketinggian asap 700 meter terjadi di Gunung Merapi pada Senin, 21 Mei 2018, pukul 01.25 WIB. Situasi tersebut terlihat dari Pos Babadan.

Merinding! Kisah Nyata Konser Ghaib di Kaki Gunung Merapi, Penonton Hening Tanpa Ekspresi

Hal itu berdasarkan data dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Badan Geologi, PVMBG Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) dengan petugas pemantau bernama Sunarta.

Hujan abu tipis terjadi di Kemiren dan Kaliurang Srumbung. Tapi masih di sekitar puncak Gunung Merapi agak jauh dari permukiman. Saat ini, status Gunung Merapi dilaporkan normal (level I).

Erupsi Gunung Merapi, Wilayah Boyolali Diguyur Hujan Abu

Meski demikian, masyarakat diminta untuk tidak panik dan beraktifitasya seperti biasa serta mengantisipasi hujan abu di sekitar Merapi.

Selain itu, kegiatan pendakian Gunung Merapi direkomendasikan hanya sampai di Pasarbubar kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian berkaitan dengan upaya mitigasi bencana. Kondisi morfologi puncak Gunung Merapi saat ini rawan terjadi longsor sehingga sangat berbahaya bagi keselamatan pendaki.

Gunung Merapi Muntahkan Awan Panas, Pesan Mbah Maridjan Langsung Viral

Kemudian, saat ini hujan masih terjadi di seputar Gunung Merapi untuk itu masyarakat juga perlu menjaga kewaspadaan terhadap ancaman bahaya lahar.

Jenazah korban penembakan KKB di evakuasi

Top Trending: Ramalan Jayabaya hingga Anggota TNI dan Polri Tewas Diserang KKB Sepanjang 2024

Top Trending: Ramalan Jayabaya hingga Anggota TNI dan Polri Tewas di Serang KKB Sepanjang 2024 tengah di sorot oleh para pembaca sehingga berhasil berada di posisi terpop

img_title
VIVA.co.id
1 April 2024