Lebaran Tahun Ini, Kereta Masih Jadi Primadona Pemudik

Stasiun Pasar Senen
Sumber :
  • VIVA.co.id/Edwin Firdaus

VIVA – Tiket kereta keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen hingga Sabtu, 16 Juni 2018 sudah ludes terjual. Kini, bila ingin mudik dengan kereta api hanya berharap dari sisa-sisa tiket hasil pembatalan pemudik.

Organda Imbau Pengusaha Truk Taati Aturan Overload Muatan

"Data yang sudah kami lihat dari tanggal 8 sampai 16 Juni itu keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen sudah terjual habis," kata Senior Manager Humas PT KAI Daop I Jakarta, Eddy Kuswoyo dikonfirmasi awak media di Stasiun Pasar Senen, Senin, 11 Juni 2018.

Selain di Stasiun Pasar Senen, tiket keberangkatan dari Stasiun Gambir pun sudah ludes. "Stasiun Gambir keberangkatan dari tanggal 8 sampai 16 Juni juga sudah terjual habis," ujar Eddy.

Mendag Klaim Berhasil Stabilkan Harga Pangan Saat Ramadan dan Lebaran

Dikatakan Eddy, Stasiun Pasar Senen hingga hari ini sudah memberangkatkan 26 rangkaian kereta api reguler dan 8 kereta api tambahan. Tujuan paling banyak yakni ke lintas selatan.

"Purwokerto, Kutoarjo, Jogjakarta, Solo sampai Malang," kata Eddy.

KAI Klaim 'Zero Accident' Selama Mudik Lebaran 2018

Pemudik di Stasiun Gambir

Pulogebang Melonjak

Sementara itu, empat hari jelang Idul Fitri 1 Syawal 1439 Hijriah, Terminal Terpadu Pulogebang semakin dipenuhi oleh pemudik. Saat ini, pemudik yang menggunakan terminal Pulogebang sebagai pilihan terminal mudik jumlahnya terus meningkat.

Kepala Terminal Terpadu Pulogebang, Ismanto, mengatakan, jumlah pemudik terus meningkat jika dibandingkan tahun lalu. Jika H-5 pada 2017, pemudik berjumlah 6.516 orang, untuk H-5 pada 2018, pemudik berjumlah 10.418 orang.

"Kenaikan sekitar 60 persen. Kalau hari ini masih sedang dihitung, sementara tadi sejak pagi sudah 3.113 orang dan akan terus bertambah," kata Ismanto di Terminal Pulogebang, Senin 11 Juni 2018.

Ismanto mengatakan, untuk mengawal kelancaran dan keamanan, para petugas gabungan dari TNI, Polri, dan Dishub juga telah bersiaga di Terminal Terpadu Pulogebang. Jumlahnya sekitar 165 personel dari berbagai satuan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya