Arus Mudik, Basarnas Siagakan KN Basudewa di Selat Sunda

Tim Basarnas siaga mudik di Pelabuhan Indah Kyat, Kota Cilegon, Banten.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Yandi Deslatama (Serang)

VIVA – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas menyiapkan helikopter HE4-203 dan Kapal Negara (KN) Basudewa sejak H-7 hingga H+7 Lebaran 2018, di sepanjang jalur mudik Selat Sunda.

Cilegon Berlakukan PPKM Skala Mikro di 43 Kelurahan Mulai Besok

"Menyiapkan kesiapsiagaan unsur udara di sekitar Selat Sunda, pelayaran Merak-Bakauheni, mempersiapkan diri dengan hal terburuk, dengan special force," kata Mayor (P) Ahmad Sensa Gupta, pilot Helikopter HS4-203, di Pelabuhan Indah Kiat, Kota Cilegon, Banten, Kamis, 14 Juni 2018.

Keduanya bersiaga di Pelabuhan Indah Kiat, Kota Cilegon, Banten. Jika terjadi kecelakaan laut saat arus mudik ataupun wisata, mereka mampu sampai ke wilayah Lampung hanya dalam waktu 10 menit, untuk memberikan pertolongan. "Helikopter TNI AL, HS4-203 untuk merespons apabila kejadian di laut tidak bisa dijangkau," ujarnya.

Buat Jarak Sepeda Motor di Jalan Raya, Garis Pit Stop Moto GP Dibuat

Mereka berharap cuaca di laut yang dapat berubah sewaktu-waktu, tak menimbulkan kecelakaan laut. "Hingga kini belum ada accident. Apabila terjadi kecelakaan, itu hal yang tidak kami inginkan, tapi jika terjadi, kami siap dengan unsur laut dan udara," ujarnya.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh PT ASDP Ferry Indonesia Cabang Merak, kapal yang beroperasi sebanyak 36 unit yang melayani 143 perjalanan dan telah mengangkut pemudik sebanyak 147.593 jiwa.

Cilegon Banten Masuk Daerah Rawan Konflik di Pilkada 2020

Kendaraan roda dua yang telah menyeberang berjumlah 13.807 unit, roda empat 15.668 unit, bus 682 unit, truk 342 unit.

Upacara HUT RI di Gunung Tertinggi di Cilegon Banten

Upacara Bendera HUT RI ke-76 di Gunung Tertinggi Cilegon

Dalam upacara HUT RI di gunung tertinggi di Kota Cilegon tersebut, terselip doa agar Indonesia lepas dari badai COVID-19.

img_title
VIVA.co.id
17 Agustus 2021