Daerah Lain Kering, Pulau Taliabu Maluku Utara Banjir

Banjir menggenangi Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara, Rabu, 11 Juli 2018.
Sumber :
  • BNPB

VIVA – Banjir dengan ketinggian 50 hingga 100 sentimeter menggenangi Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara, Rabu, 11 Juli 2018. 

Korban Banjir Bandang Brasil Bertambah Menjadi 83 Orang

Menurut Kepala Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, banjir melanda wilayah tersebut saat banyak daerah di Indonesia justru tengah mengalami kemarau.

"Banyak daerah mengalami kekeringan seperti di sebagian Sumatera bagian selatan, Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara. Namun di daerah Maluku, Maluku Utara, dan sebagian barat Papua Barat, saat ini puncak musim penghujan sehingga mengalami banjir," ujar Sutopo di Jakarta.

Banjir Bandang di Brasil, Tim Penyelamat Evakuasi Korban di Atap Rumah dan Apartemen

Sutopo mengemukakan, banjir terjadi akibat Sungai Ratahaya, Sungai Air Kilong, dan Sungai Air Bobong meluap pada Rabu dini hari. Daerah yang dilanda banjir adalah Desa Ratahaya, Desa Kilong, dan Desa Bobong.

Jumlah masyarakat terdampak mencapai 540 jiwa yang berasal dari 180 kepala keluarga. Tidak ada korban jiwa yang timbul akibat musibah itu.

Ratusan Hektare Sawah di Bombana Sultra Gagal Panen akibat Banjir, Pemkab Minta Bantuan Pusat

"BPBD Kabupaten Pulau Taliabu telah melakukan penanganan darurat. Bantuan disalurkan kepada masyarakat, dan pendataan masih dilakukan," ujar Sutopo.

Proses evakuasi korban tewas akibar banjir dan longsor di Luwu. (Foto: Basarnas Sulsel).

Update Korban Tewas Banjir dan Longsor di Luwu jadi 13 Orang, Berikut Daftar Namanya

Jumlah korban tewas akibat banjir dan longsor menimpa Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, bertambah. Kini sudah sebanyak 13 orang. Seorang korban lansia baru ditemukan tim.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024