1.125 TNI Dikirim ke Lebanon, RI Tetap Aman

VIVAnews -- Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso menegaskan, dengan penambahan 1.125 prajurit TNI ke Lebanon sebagai pasukan perdamian dunia PBB, tidak akan mempengaruhi pengamanan dalam negeri.

Menurut Panglima, semua sudah diatur sedikian mungkin sehingga tidak akan mengganggu tugas pokoknya. Selain itu, tugas pengamanan dalam negeri itu adalah polisi, kecuali bila dibutuhkan TNI akan membantu.

"Sesuai dengan aturan dalam era tertib sipil, sekarang ini yang bertanggung jawab atas keamanan masyarakat adalah polisi," ujar Panglima TNI Djoko Santoso.

Itupun sejauh tidak membutuhkan bantuan TNI. Sebab lanjut dia, TNI hanya akan mempersiapkan satuannya, apabila Polri membutuhkan bantun. Maka TNI pun siap membantu.

Karena itu, menurut Djoko Santoso, dengan diberangkatkannya 1.125 prajurit TNI ke Lebanon, tentu ini tidak akan mengurangi kesiapsiagaan TNI dalam negeri menjaga keamanan dalam negeri.

Selain itu, dengan dikirimnya pasjukan TNI ke Lebanon atas permintaan PBB, itu artinya Indonesia terus mendapat kepercayaan dan atas prestasi yang sudah diukirnya sejak 1957, yang tentu mengharumkan nama bangsa di dunia Internasional.

"Keberhasilan ini juga mendukung politik luar negeri dan pelaksanaan diplomasi," tuturnya.

Rencananya, sebanyak 1.125 prajurit TNI akan diberangkatkan secara bertahap hingga 28 November 2009, dan tahap awal akan berangkat sore ini.

amril.78@vivanews.com

5 Fakta Menarik Bayern Munich Usai Singkirkan Arsenal di Liga Champions
Liverpool vs Atalanta

5 Fakta Menarik Jelang Duel Atalanta vs Liverpool di Liga Europa

Liverpool akan datang ke markas Atalanta dalam Perempat Final Liga Europa leg kedua di Stadion Gewiss pada Jumat dini hari nanti, 19 April 2024, pukul 02.00 WIB.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024