BIN: Tidak Ada Kerusuhan

VIVAnews - Badan Intelijen Negara (BIN) membantah sejumlah isu yang merebak terkait aksi demonstrasi peringatan Hari Antikorupsi dunia, hari ini.

Isu kerusuhan berhebus seiring rencana demo besar-besaran yang digelar hari ini di seluruh provinsi Indonesia. "Jangan bikin isu-isu yang tidak berdasar. Tidak benar ada seperti itu," tegas Kepala BIN Sutanto di Istana Presiden, Rabu 9 Desember 2009.

Siapa pihak yang memboncengi aksi demo hari ini? "Tidak tahu. Kami jaga jangan sampai terjadi seperti itu," kata dia.

Dia melanjutkan anak sekolah saja harus diingatkan keluarga agar hati-hati di jalan. "Apalagi ada semacam ini."

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengaku telah menerima data dari badan intelijen bahwa aksi demo hari ini terindikasi ditunggangi 'penumpang gelap.' Pernyataan SBY ini menimbulkan pro dan kontra.

Sutanto menambahkan peringatan antikorupsi ini adalah waktu yang baik bagi masyarakat berpartisipasi dalam penanganan korupsi. "Kita tahu, korupsi membuat kita rapuh," kata dia.

Dia meminta agar masyakarakt tidak hanya memperingati saja, namun juga mengawal pemberantasan korupsi yang dilakukan kepolisian, kejaksaan dan persidangan. "Saya yakin, dengan ketatnya pengawasan masyarakat, (penanganan korupsi) akan efektif," kata dia.

Ada 14 kelompok aksi unjuk rasa di Jakarta, hari ini. Namun, pusat aksi kemungkinan akan berlangsung di Bundaran Hotel Indonesia dan kawasan Monumen Nasional.

PKB dan Nasdem Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran, Kaesang Bilang Begini
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto

Jokowi Tunjuk Menko Airlangga Jadi Ketua Pelaksana Tim Nasional OECD, Intip Tugasnya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menunjuk Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, sebagai Ketua Pelaksana Tim Nasional OECD.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024