15 Menit Itu Seret Antasari dalam Pembunuhan

VIVAnews - Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Antasari Azhar, menjadi terdakwa dalam kasus pembunuhan Direktur Putra Rajawali Banjaran, Nasrudin Zulkarnaen. Ia didakwa sebagai aktor intelektual atau dalang pembunuhan.

Salah satu yang dijadikan bukti di persidangan adalah rekaman closed circuit television (CCTV) yang memperlihatkan pertemuan antara Antasari dan dua terdakwa lainnya yaitu Sigid Haryo Wibisiono, dan Williardi Wizar, di kediaman Sigid.

Dalam sidang terdakwa Sigid, Antasari membantah bahwa pertemuan itu membahas rencana pembunuhan Nasrudin. "Saya kalau pulang pasti lewat samping rumah terdakwa, makanya saya sering mampir hanya sekedar ngopi dan ngobrol," kata Antasari dalam kesaksiannya di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis, 10 Desember 2009.

Kala itu Januari 2009. Antasari mendapat telepon dari Sigid. Ia diminta mampir ke rumah Sigid sepulang kantor. Di ruang biasa mereka ngobrol, Sigid bertanya soal kedekatan Antasari dengan Kapolri. Antasari tak membantah jika sering bermain golf bersama Kapolri.

Di tengah obrolan itu, Sigid kemudian masuk ke dalam ruangan dan kembali dengan membawa seorang polisi berpakaian lengkap yaitu Komisaris Besar Williardi Wizar. "Saya sudah Kombes Pak, menurut info bapak sering golf dengan Kapolri," kata Antsari mengulang kalimat Willi. "Saya bilang saya memang kenal Kapolri tapi kalau urusan seperti ini saya nggak janji."

Obrolan kemudian berlanjut ke pengalaman menjadi pejabat di Jakarta Selatan. Antasari pernah menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, sedangkan Willi pernah menjadi Kapolres Jakarta Selatan. Namun, Willi menjabat setelah Antasari pindah. "Pertemuan itu hanya 15 menit, kami bercerita soal Jakarta Selatan, setelah itu tak ada pembicaraan lain," kata Antasari.

Saat bersaksi untuk Antasari pada sidang beberapa waktu lalu, Willi mengungkap bahwa penyidikan kasus pembunuhan Nasrudin dikondisikan untuk menjebak Antasari sebagai dalang pembunuha. Namun, kesaksian Willi itu menuai bantahan dari para penyidik kepolisian.

Uruguay dan Indonesia Jajaki Kerja Sama Jaminan Produk Halal
Pemeriksaan Firli Bahuri di Bareskrim Polri

Kasus Pemerasan Firli Bahuri Mandek, Kombes Ade Safri: Pasti Tuntas

Kasus dugaan pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) dengan tersangka mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mandek.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024