Kelly Kwalik Tewas

Pendukung Kelly Kesal, Wartawan jadi Sasaran

VIVAnews - Nasib nahas menimpa Robert Vanwi, wartawan Suara Pembaharuan di Papua. Pasalnya, kamera Canon D30 miliknya dirampas dan hancur dibanting oleh pendukung Pimpinan Organisasi Papua Merdeka (OPM) Kelly Kwalik di depan Makam Theys H Eluay Sentani, Jumat siang.

Salah seorang wartawan Tempo di Papua Cunding Levi yang menyaksikan langsung insiden itu, nyaris juga menjadi korban.

Insiden ini bermula saat pendukung Kelly melakukan aksi pasca pemberangkatan jasad Kelly ke Timika. Puluhan pendukung Kelly berkumpul di dekat Makam Theys H Eluay Sentani yang berjarak hanya 200 ratusan meter dari pintu bandara Sentani.

Usai meliput jenazah Kelly, wartawan kemudian meliput aksi pendukung Kelly itu. Namun saat mereka berada di lokasi tiba-tiba, sejumlah massa berteriak, “wartawan tidak boleh meliput.”

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Bukan hanya berteriak, massa juga mengejar para wartawan. Dan apes menimpa Robert Vanwi, kameranya berhasil di rampas, dan kemudian dibanting. “Vanwi saat itu memegang kameranya dan tidak mengikat di leher, sehingga dengan mudah massa merampas lalu membantingnya hingga hancur,’’ ujar Cunding Levi yang juga ketua Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) Papua.

Melihat massa yang terus mengejar-ngejar wartawan, lanjut Cunding, mereka kemudian berupaya menyelamatkan diri dari kerumunan massa. Meski saat itu sejumlah aparat keamanan berada di lokasi, tapi tidak berdaya. “Kamera saya dan M Nur Cepos juga sempat ditarik-tarik massa, tapi kami berhasil meloloskan diri,’’ ujar Cunding.

Selanjutnya, kata Cunding, ia bersama rekan-rekannya melaporkan kejadian itu secara resmi ke pihak Kepolisian.

Sementara menurut sumber, saat ini massa masih berkumpul di makam Tey Eluay Sentani Jayapura.

Laporan: Banjir Ambarita | Papua

Positif Narkoba, Istri Bintang Emon: Gak Nyangka Dijebak Suami Sendiri
Dirjen Binwasnaker dan K3 Kementerian Ketenagakerjaan, Haiyani Rumondang

Kemnaker Berkomitmen Terus Tingkatkan Kinerja Layanan Publik Balai Besar K3 Jakarta

Kemnaker terus meningkatkan kinerja pelayanan publik dari Balai Besar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (BBK3) Jakarta pada bidang pelayanan K3 di Industri.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024