Kenangan Pribadi Paspampres Pengawal Gus Dur

VIVAnews - Sebagai mantan Presiden, Abdurrahman Wahid atau biasa dipanggil Gus Dur berhak mendapat pengawalan Pasukan Pengamanan Presiden. Minimal, ada dua Paspampres yang mengawal Gus Dur ke mana-mana.

Salah satu Paspampres yang juga menjadi asisten pribadi Gus Dur adalah Hakim. Kepada tvOne, Sabtu 2 Januari 2009, Hakim bercerita mengenai kisahnya menjadi orang dekat pendiri Partai Kebangkitan Bangsa itu.

"Beliau selalu memperhatikan seluruh rangkaian pengawal," kata Hakim. "Beliau tak mau pengawalnya kelaparan, semua harus kenyang."

Jadilah, jika melakukan perjalanan darat, Gus Dur tak segan-segan meminta mampir di sebuah restoran di pinggir jalan. Gus Dur tak ingin orang-orang yang ikut bersamanya kelaparan.

Hakim juga mengingat Gus Dur sebagai orang yang detail. Dulu saat masih bisa berolahraga pagi, Gus Dur selalu meminta disiapkan pakaian dan perlengkapan olahraga secara berurutan. Dimulai dari kaus, lalu celana olahraga, lalu kaos kaki, lalu sepatu, lalu segelas air putih.

"Semua itu harus disiapkan secara berurutan," kata Hakim mengenang pernyataan Gus Dur. "Biar nanti, ketika terjadi satu keadaan genting, kita terbiasa menghadapinya dengan tenang," kata Hakim melanjutkan perkataan Gus Dur kepadanya.

Dan sejumlah pelajaran-pelajaran itu, kata Hakim, disampaikan Gus Dur dengan sederhana. "Mungkin bisa dikembangkan untuk anak-cucu nanti," ujar Hakim akan menggunakan wejangan cucu pendiri Nahdlatul Ulama, KH Hasyim Asy'ari itu.

Dan sekarang, Hakim yang masih ikatan dinas, belum mengetahui bagaimana masa depannya nanti setelah orang yang harus didampinginya meninggal pada Rabu 30 Desember 2009 kemarin.

Kubu Ganjar-Mahfud Tidak Terima Gugatannya ke MK Disebut Salah Sasaran oleh KPU
Ketua MK Suhartoyo, Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Momen Ketua MK Semprot Kuasa Hukum KPU yang Puji-puji Hasyim Asy'ari

Menurut kuasa hukum KPU, meski nama Hasyim Asyari disangkutpautkan dengan banyak dugaan pelanggaran tapi proses Pemilu 2024 tetap berjalan lancar.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024