Muhammadiyah Ajak Umat Islam Salat Gerhana

VIVAnews - Pengurus Pusat Muhammadiyah mengajak umat Islam menggelar salat gerhana. Gerhana  matahari cincin yang bisa disaksikan di sebagian wilayah Indonesia ini akan berlangsung selama 11 menit 8 detik. Di Jakarta, gerhana akan dimulai pukul 14.33 WIB, Jumat 15 Januari 2010.

"Oleh sebab itu, Majelis Tarjih dan Tajdid mengajak segenap umat Islam untuk melaksanakan salah satu amalan sunah, yaitu salat gerhana matahari," imbau PP Muhammadiyah seperti yang dikutip dari situsnya.

Di Yogyakarta, salat gerhana akan dilaksanakan di Musholla Kantor PP Muhammadiyah Jalan Cik Ditiro 23 Yogyakarta, dengan imam Prof Drs H Sa'ad Abdul Wahid dan khatib Prof Dr H Syamsul Anwar. Salat gerhana akan dimulai pada pukul 15.05 WIB sampai selesai.

Gerhana matahari cincin yang akan berlangsung siang menjelang sore ini disikapi beragam. Di Solo ratusan siswa Taman Kanak-Kanak menggelar salat gerhana matahari.

Sebanyak 200 siswa TK Al Firdaus kelas A dan B  mengikuti salat gerhana matahari yang diselenggarakan oleh pengelola sekolah. Mereka terlihat berbaris dengan tertib mengikuti shaf.  Bagi para siswa, menunaikan salat gerhana matahari ini merupakan pengalaman yang pertama kali.

Tak heran, jika dalam melakukan gerakan salat itu beberapa siswa melakukan kesalahan. Di antaranya ketika ruku, justru melakukan sujud dan kesalahan lainnya. Bahkan, para siswa terlihat usil sewaktu melakukan salat ini. "Mereka biasanya hanya melakukan salat wajib yang rutin dilaksanakan 5 kali sehari. Nah, ini merupakan salat sunat yang jumlahnya dua rakaat, sehingga banyak yang belum tahu,” kata Humas TK Al Firdaus Solo, Novi Sri Padiasrini.

Menurut dia, diselenggarakannya salat gerhana  adalah bertujuan untuk mensyukuri nikmat Kuasa Allah. Dengan begitu, kita mencoba memperkenalkan salat sunat itu sejak dini. Lantas, mereka tidak hanya mengenal shalat wajib saja, melainkan juga mengenal salat gerhana matahari.

Laporan: Fajar Sodiq | Solo

Akhirnya Letkol Danu Resmi Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI Gantikan Raja Aibon Kogila
Ilustrasi jenis sabu.

Polres Malang Bongkar Home Industry Sabu di Jatim

– Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Malang berhasil membongkar praktik produksi narkotika jenis sabu di wilayah Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024