Wapres Rapat Bahas Bencana Saat Istana Didemo

VIVAnews - Wakil Presiden Boediono menggelar rapat kerja dengan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan membahas pelaksanaan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascagempa Bumi Jawa Barat. Hadir dalam rapat tersebut, Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Sosial Salin Segaf Al-Jufrie, Bupati Bandung Obar Subarna, Bupati Garut Aceng Fikri, Bupati Cianjur Tjetjep M Soleh, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat Sigit Udjwalaprana dan Asisten III Kesra Pery Soeparman.

“Pemerintah Pusat bersama Pemerintah Daerah bertekad untuk segera melaksanakan tahapan rekonstruksi dan rehabilitasi, khususnya untuk melakukan perbaikan rumah dan bangunan," ujar Heryawan di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Kamis 28 Januari 2010.

Dan pemerintah pusat, kata Heryawan, telah menyetujui alokasi anggaran yang sudah disepakati dapat segera dicairkan seluruhnya maupun bertahap, sehingga pelaksanaan rehab rekonstruksi dapat dilaksanakan sesuai dengan target. "Kami butuh sekitar Rp 1,3 triliun lagi untuk melaksanakan maksud tersebut,” ujar Heryawan dalam rilisnya.

Pemprov Jabar menurut Heryawan sudah melakukan sejumlah upaya darurat dan rahab rekonstruksi. Sejak awal terjadinya gempa hingga masa tanggap darurat selesai, Pemprov Jabar berhasil melakukan pendataan yang dibutuhkan. Dengan data itu, sudah dilakukan Selain itu, dengan mengajak pihak yang peduli, sejumlah perbaikan dan pembangunan sudah mulai dilaksanakan.

Pemerintah ujar Heryawan melalui Anggaran Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengalokasikan dana bantuan sosial berupa hibah untuk membangun dan memperbaiki rumah korban gempa. Ketentuan besaran bantuan sebagai berikut; untuk kondisi rumah dengan rusak berat sebesar Rp 15 juta/unit dan rusak sedang Rp 10 juta/unit.  Selain itu, melalui APBD Kabupaten/Kota diberikan juga dana stimulus yang nilainya Rp 1 juta/unit untuk perbaikan kerusakan ringan.

Berdasarkan Keputusan Gubernur Nomor 978/Kep.1379-Keu/2009 tentang alokasi anggaran APBD Provinsi Jawa Barat untuk penanganan pascagempa bumi dengan bantuan total sebesar Rp 250 miliar, disalurkan berupa; bantuan keuangan ke kabupaten/kota Rp 240 miliar, bantuan sosial ormas Rp 4,715 miliar, Dinas Kimrum Rp 3,250 miliar, Dinas PSDA Rp 537juta dan Dinas Pertanian Rp 1,497 miliar. Sementara dana lainnya yang berasal dari swasta dan masyarakat yang peduli langsung disalurkan kepada yang berhak.

Saat rapat berlangsung, demonstrasi sedang berlangsung di luar Istana Wakil Presiden. Namun massa demonstran tak bisa mendekati gerbang istana karena akses jalan ditutup oleh polisi, sehingga demonstran hanya bisa berdiri di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat.

Sementara itu, di Istana Presiden juga terjadi demonstrasi yang lebih besar lagi. Di sini bahkan demonstran berusaha merangsek masuk istana, meski tuan rumahnya sendiri, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, berada di Banten.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bandung, Bogor, Bekasi Rabu 24 April 2024
Planet Uranus.

Terkuak, Warna Ini Bisa Memprediksi Keberadaan Alien

Dalam kurun waktu lebih dari 30 tahun, kita telah memperluas pengetahuan kita tidak hanya tentang planet-planet di Tata Surya, tetapi juga menemukan planet dan alien.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024