Polisi Tangkap Imigran Gelap Asal Afganistan

VIVAnews -- Sebanyak 67 imigran gelap asal Afganistan ditangkap Kepolisian Resort Lombok Timur, Rabu 3 Maret 2010. Imigran gelap itu diduga sudah dua hari berada dilokasi tersebut, dengan tujuan Australia melalui jalur laut.

Kapolres Lombok Timur Ajun Komisaris Besar Polisi Erwin Fadma, mengatakan penangkapan dilakukan setelah polisi menerima laporan warga terkait keberadaan warga asing di Pantai Temeak.

Kedatangan polisi membuat sebagian Imigran asal Afganistan itu kocar-kacir. "Ada sebagian yang melarikan diri, kami masih mendata mereka untuk proses penyelidikan," kata Fadma kepada wartawan di Lombok Timur.

Sementara, dari 67 imigran itu empat diantaranya terpaksa dilarikan ke Rumah Sakit Umum Selong. Mereka diduga menderita diare. Apalagi dalam dua hari terakhir mereka mengaku belum makan.

Data yang diperoleh polisi menyebutkan 67 imigran itu terdiri dari 31 pria dewasa, 15 perempuan dewasa dan 21 anak-anak. Bahkan diantara anak-anak tersebut juga terdapat beberapa balita.

Menurut Ahmed (37) salah seorang Imigran mengaku sudah empat bulan berada di Indonesia. Selama ini dia tinggal di Jakarta dan bergabung bersama rekan-rekan mereka untuk mencari suaka ke Australia.

"Kami masih selidiki keterlibatan warga Indonesia yang diduga ikut menunjukkan jalan,seluruh Imigran yang kami tangkap sudah kami serahkan ke Polda NTB untuk diproses lebih lanjut,"ujarnya.

Provinsi Nusa Tenggara Barat kerap menjadi tempat persinggahan imigran gelap. Tahun 2009 lalu lebih dari 100 Imigran yang masuk wilayah NTB. Rata-rata mereka masuk melalui jalur laut dengan menggunakan kapal kayu. Mereka umumnya masuk ke wilayah Australia melalui rute perairan NTB dan NTT.

Laporan: Edy Gustan | Mataram

Jangan Asal Pilih Lensa Kontak, Bisa Sebabkan 5 Masalah Serius Ini
PKS sambangi PKB malam ini

Usai Nasdem, Presiden PKS Ahmad Syaikhu Sambangi Cak Imin di Markas PKB

Elite Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tiba di kantor DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada Kamis 25 April 2024 malam

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024