Hari Penyandang Cacat Sedunia

Kebijakan Belum Lindungi Penyandang Cacat

VIVAnews – Diakui, perhatian pemerintahan terhadap para penyandang cacat sudah ada, namun  pemerintahan Yudhoyono-Kalla belum memiliki kebijakan yang pro penyandang cacat.

Cerita Mistis Raffi Ahmad Melihat Komedian Sapri Sebelum Meninggal

“Perhatian sudah ada, tapi wujud dari perhatian itu seperti apa?,” kata Kordinator aksi Forum Penyandang Cacat Sulawesi Selatan, Rahman, dalam aksi damai memperingati Hari Penyandang Cacat Sedunia di Makassar, Rabu 3 Desember 2008.

Rahman menyebutkan banyak persoalan yang dirasakan penyandang cacat saat ini, terutama soal diskriminasi  serta terbatasnya pelayanan terhadap penyandang cacat dalam bidang ketenagakerjaan dan dunia pendidikan.

KPU Nilai Unjuk Rasa Jelang Penetapan Pemilu Hal Biasa dan Selalu Ada

Bagi penyandang cacat, katanya, tidak adanya kebijakan itu menimbulkan kerugian. “Sebutlah, 80 persen penyandang cacat yang berusia produktif masih menjadi pengangguran,” katanya.

Penyebabnya, sebagian besar bidang usaha dan kantor meragukan kemampuan para penyandang cacat, meski mereka punya kemampuan.

Kate Middleton Akhirnya Tampil di Hadapan Publik, Isu Konspirasi Terbantahkan

“Penyandang cacat juga manusia, dan berstatus sebagai Warga Negara Indonesia . Tidak ada alasan bagi kami untuk terus didiskriminasikan,” kata Rahman.

Selain menyampaikan aspirasinya, massa membagikan bunga dan seribu lembar stiker ketika berjalan dari Jalan Jenderal Sudirman sampai Jalan Kartini, Makassar, untuk mengajak masyarakat ikut menolak diskriminasi pada penyandang cacat.

Laporan: Zeena/Makassar

  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya