Lagi, Mahasiswa Makassar Aksi Tutup Jalan

VIVAnews - Aksi protes terhadap penyerangan Wisma HMI Cabang Makassar--yang disertai dengan kekerasan terhadap sejumlah kader HMI--terus berlanjut. Ratusan mahasiswa Makassar dari sejumlah kampus mulai menutup jalan di depan kampus mereka masing-masing.

Aktifitas penutupan jalan terjadi di sejumlah titik. Seperti mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Makassar di Jalan Sultan Alauddin, mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) di Jalan AP Pettarani serta mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) di Jalan Perintis Kemerdekaan.

Pantauan VIVAnews, penutupan jalan siang ini agak berbeda. Jika aksi-aksi sebelumnya, mahasiswa menutup semua bagian jalan, hari ini mereka hanya menutup setengahnya. Seperti di depan kampus UIN, dari empat jalur, mahasiswa hanya menutup dua jalur saja. Dua jalur lainnya digunakan oleh pengguna jalan untuk melintas. Hal sama terjadi di depan kampus UNM dan Unhas.

Selain cara aksi, tema yang diusung oleh mahasiswa juga lebih luas. Mahasiswa tidak lagi terfokus pada persoalan penyerangan ke Wisma HMI Cabang Makassar, melainkan meluas pada kasus dana talangan (bail out) ke Bank Century.

"Mengecam pidato Presiden SBY yang cenderung melakukan pembelaan atas indikasi keterlibatan para pejabat negara dalam kasus Century," kata Pahmuddin, Ketua BEM UIN Alauddin Makassar membacakan orasinya, Senin 8 Maret 2010.

Saat ini, para mahasiswa masih berada didepan kampus mereka. Rencananya, aksi dari berbagai titik ini akan berkumpul di Jalan fly over hingga sore nanti.

Sementara itu, dalam aksinya, tidak satupun personel polisi yang terlihat mengawal aksi.

Suzuki Siapkan 66 Bengkel Siaga Dukung Mudik Lebaran 2024

Ketegangan mahasiswa, khususnya HMI dengan aparat polisi terjadi menyusul pecahnya bentrokan mahasiswa, polisi dan warga di Makassar Kamis, 4  Maret 2010.

Bentrokan tersebut dipicu oleh penyerangan Sekretariat  HMI di Jalan Botolempangan, Makassar Rabu lalu, pasca aksi unjuk rasa  kasus Century. Bentrok 'menular' ke beberapa wilayah, termasuk Jakarta.

Laporan: Rahmat Zeena|Makassar

Ilistrasi moisturizer

Wajah Sering Kena Matahari Jangan Abaikan Penggunaan Moisturizer

Moisturizer telah lama menjadi bagian dari rutinitas perawatan kulit. Moisturizer atau pelembap telah terbukti dapat meningkatkan kadar air di stratum korneum.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024