Bangun Pegunungan Tengah Papua dari Sekarang

VIVAnews -- Pemerintah pusat diminta memberikan perhatian khusus pada kawasan Pegunungan Tengah Papua dengan menetapkan kebijakan pembangunan infrastruktur terpadu wilayah tersebut.
 
Kawasan pegunungan tengah yakni meliputi, Jayawijaya, Puncak Jaya, Pegunungan Bintang, Tolikara, Yakuhimo, Nduga, Yalimo, Lani Jaya, Mamberamo Tengah dan Puncak. Karena, keterbelakangan dan kemiskinan di Papua, sebanyak 80 persen dialami oleh masyarakat di kawasan tersebut.
 
"Pembangunan Papua harus dimulai dari kawasan ini. Kalau tidak dimulai dari kawasan ini, Papua akan tetap terbelakang," ujar Ketua Asosiasi Bupati Se-Kawasan Pegunungan Tengah Papua, Lukas Enembe dalam diskusi Percepatan Pembangunan Kawasan Pegunungan Tengah Papua di Mario's Place, Menteng, Jakarta, Kamis 25 Maret 2010.
 
Menurutnya, sebanyak 70 persen atau 1,2 juta penduduk miskin Papua berasal dari 10 daerah tersebut. Sehingga, pemerintah harus serius untuk memposisikan diri dan mendengar apa yang diaspirasikan oleh para bupati kawasan Pegunungan Tengah Papua.
 
"Karena kami pemimpin Papua, kami yang mengerti rakyat Papua. Kalau tidak mendengar, akan banyak persoalan yang muncul di Papua dari hari kehari," ungkap Bupati Puncak Jaya.
 
Oleh karena itu, pemerintah pusat melalui kementerian dan lembaga terkait juga diminta untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan di berbagai bidang.
 
Serta, mempercepat pembangunan infrastruktur transportasi baik darat, udara maupun sungai untuk membuka isolasi dan ekonomi masyarakat dari dan ke wilayah Pegunungan Tengah. Hal ini menjadi sumber keterbelakangan masyarakat Papua.
 
"Daya beli masyarakat Papua bisa terwujud jika ada akses transportasi,".

Viral Aksi Emak-emak di Makassar Mengamuk Sambil Ancam Pakai Parang Penagih Utangnya
Song Hye Kyo dan Gong Yoo

Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng

Penggemar drama Korea bersiaplah untuk menyambut kehadiran dua bintang top dalam sebuah kisah sejarah yang menggugah. Gong Yoo dan Song Hye Kyo, dua nama besar di Korea.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024