Aceh Barat Larang Wanita Pakai Celana & Jeans

Celana Pendek Seksi
Sumber :
  • www.stylecaster.com

VIVAnews - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat akan mengefektifkan larangan mengenakan celana dan jeans bagi kaum wanita, dengan melakukan razia celana di wilayah itu.

Shin Tae-yong Galau Harus Hadapi Negara Sendiri

Sebanyak 20.000 rok telah disiapkan untuk mengantikan celana ketat bagi wanita yang terjaring dalam razia tersebut.

Bupati Aceh Barat, Ramli Mansyur mengatakan, aturan yang dituangkan lewat peraturan Bupati tersebut resmi diberlakukan pada Rabu 26 Mai 2010. Menurutnya, aturan tersebut merupakan tuntutan penegakan syariat Islam di Aceh Barat.

"Salaku pemimpin saya harus menerapkan aturan ini karena saya akan diminta pertangung jawaban oleh Allah nantinya, dan juga oleh rakyat saya," katanya saat dihubungi Selasa 25 Mai 2010.

Rahmli menyebutkan, sebagai langkah awal Dinas Syariat Aceh Barat akan melakukan razia di tiga titik, yaitu di Kecamatan Kawai XVI, Arogan dan perbatasan Kabupaten Nagan Raya. Razia tersebut, kata Ramli,  merupakan bentuk sosialisasi lanjutan dari aturan tersebut.

Menurut Ramli, bagi wanita yang terjaring razia, nama mereka akan dicatat oleh petugas. Jika telah tiga kali masuk daftar pelangar, wanita tersebut dapat dijatuhkan hukuman kurungan. Celana yang mereka kenakan nantinya akan disita petugas, dan dapat diambil kembali melalui kepada Desa masing-masing.

"Aturan ini kita laksanakan secara persuasif. Kita tidak punya target berapa bulan aturan ini akan berhasil, yang penting kita akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat," ujarnya.

Selain itu Ramli juga mengatakan, pedagang pakaian di Aceh Barat juga diminta tidak lagi menjual celana bagi wanita muslim. Pemerintah setempat juga akan memberikan rok secara gratis bagi pelayan toko wanita yang masih mengunakan celana.

Sebelumnya aturan larangan mengunakan celana bagi kaum wanita di Aceh Barat mendapat kecaman dari sejumlah pihak, terutama kalangan aktivis perempuan.

Ramli menyebutkan, penerapan aturan tersebut telah mendapatkan dukungan dari semua kalangan di Aceh Barat termasuk para ulama.

"Kami harapkan warga dari daerah lain menghormati aturan syariat Islam yang dibelakukan di Aceh Barat ini," katanya. (jn)

Laporan: Muhammad Riza | Aceh   

Panduan Singkat Terlindungi Jaminan Kecelakaan Kerja dan Kematian BPJS Ketenagakerjaan
Anies hadiri acara penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wakil Presiden Terpilih di KPU.

Terpopuler: KPU Tetapkan Presiden Baru, Prabowo Sebut Senyum Anies Berat

Terpopuler: KPU Tetapkan Presiden Baru, Prabowo Sebut Senyum Anies Berat.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024