Bila Obama Kunjungi Yogya, Pasti ke Borobudur

Presiden AS, Barack Obama, menandatangani UU Pendidikan
Sumber :
  • AP Photo/Pablo Martinez Monsivais

VIVAnews - Berkaitan dengan rencana kedatangan Presiden Amerika Serikat Barack Obama ke Indonesia pada bulan Juni mendatang, pengelola Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB) belum mau buka mulut  mengenai kepastian apakah Obama akan berkunjung ke candi peninggalan Wangsa Syailendra itu.

Meski demikian, Kepala Unit TWCB, Pujo Suwarno mengaku jika tim dari TNI dan utusan Amerika Serikat beberapa kali datang ke Candi Borobudur untuk melakukan pemeriksaan.

"Terakhir datang sekitar dua Minggu lalu,” kata dia kepada VIVAnews di Borobudur, Jumat 28 Mei 2010.

Ketika disinggung mengenai kepastian kedatangan Obama, Pujo justru mengelak untuk menjawabnya. "Maaf mas saya belum bisa bilang. Nanti kalau sudah ada kabar akan saya kabari," ujarnya lagi.

Hotman Paris Tantang Rocky Gerung Debat Hukum, Bukan Filsafat Kho Ping Hoo

Selanjutnya Pujo menyampaikan jika Obama benar berkunjung ke Yogyakarta bisa dipastikan 90 persen juga akan mengunjungi Candi Borobudur. "Saya bisa bilang Obama akan datang ke Borobudur jika datang ke Yogyakarta,” terangnya.

Serangkaian kegiatan seperti Go Green Borobudur akan digelar jika Obama datang ke Borobudur. Obama akan diminta untuk menanam satu pohon di sekitar Candi Borobudur.

Selain telah menyiapkan rangkaian kegiatan, pihaknnya juga sudah siap mengenai perihal petugas keamanan di dalam komplek candi. Kedatangan Obama dipastikan sangat membantu dalam promosi objek wisata Candi Borobudur ke luar negeri. (sj)

Laporan: Fajar Sodiq

Real Madrid vs Manchester City

5 Fakta Menarik Jelang Duel Manchester City vs Real Madrid di Liga Champions

Manchester City akan menjamu Real Madrid dalam babak Perempat Final Liga Champions leg kedua di Stadion Etihad pada Kamis dini hari nanti, 18 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024