Pengawas Berhak Geledah Peserta Tes PTN

Ujian Akhir Berstandar Nasional
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Ujian Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2010 digelar serempak di seluruh Indonesia. Sekitar 447.067 peserta mengikuti ujian yang digelar dua hari, 16-17 Juni 2010.

Sekretaris Eksekutif SNMPTN 2010 Panitia Lokasi Bandung, Asep Gana Suganda, mengungkapkan setiap ruangan akan diisi 20 peserta dan akan diawasi dua orang pengawas. Sehingga rasio jumlah peserta dan pengawas sebesar 1:10.

"Setiap pengawas berhak menggeledah fisik peserta untuk mengantisipasi kecurangan," kata Asep Gana Suganda kepada wartawan di Bandung, Jawa Barat, 16 Juni 2010.

Untuk materi ujian hari ini berupa Tes Potensi Akademik dan Tes Bidang Studi Dasar. Guna mencegah kecurangan dan perjokian, menurut Asep panitia dan pengawas telah siap untuk mengantisipasi.

Pengawas di lapangan sudah mempunyai standar operasional prosedur, pengawas akan bertindak tegas kepada peserta yang curang.

Ia mengungkapkan, untuk pendistribusian soal sendiri telah dilaksanakan tadi pagi sekitar pukul 05.00 WIB. Soal didistribusikan dari sekretariat SNMPTN menuju lokasi-lokasi ujian dengan dikawal resimen mahasiswa dan kepolisian.

"Tadi pagi saya cek tidak ada kerusakan pada amplop soal sehingga saya bisa memastikan di Bandung tidak ada kebocoran soal," ujarnya.

Respon Han So Hee Soal Reaksi Hyeri: Memang Lucu Pacaran Setelah Putus?

Seluruh peserta ini memperebutkan sejumlah kursi di 57 perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia. (Laporan: Iwan Kurniawan, Bandung | kd)

Ketua Tim Pembela Demokrasi dan Keadilan (TPDK) Ganjar-Mahfud Todung Mulya Lubis

Todung Mulya Lubis Ungkap Alasan Sri Mulyani Hingga Risma Dihadiri di Sidang MK

Ketua Tim Hukum pasangan calon Presiden Ganjar Pranowo dan calon Wakil Presiden Mahfud MD, Todung Mulya Lubis mengungkap alasan Risma hingga Sri Mulyani dihadiri di MK.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024