Festival Sentani, Pesta Papua Nan Kaya Budaya

perahu bawa penari adat di Festival Danau Sentani
Sumber :
  • Antara/ Hermanus Prihatna

VIVAnews - Suasana yang senyap di Danau Sentani berubah riuh siang ini. Sejumlah penari berpakaian khas Papua berdatangan dengan perahu-perahu kecil. Mereka datang dari kampung sekeliling danau yang berpanorama elok ini.

Hari ini, Sabtu 19 Juni 2010, mereka memulai perayaan yang dinamakan Festival Danau Sentani. Tema perayaan yang ketiga kalinya digelar ini adalah "Loving Culture for Our Future."

Bupati Jayapura yang juga Ketua Panitia Penyelenggara festival Danau Sentani, Habel M. Suawe, mengatakan, Festival ini selain mempromosikan kekayaan budaya Papua juga sekaligus ingin menghilangkan citra negatif Papua. “Papua kaya akan budaya dan keindahan panorama, kami ingin menggali, mengembangkan sekaligus melestarikannya," katanya.

Festival Danau Sentani adalah pesta budaya berbasis masyarakat. Festival ini ekspresi jati diri dan kecintaan terhadap manusia melalui penguatan karakter budaya, yang akan diimplementasikan melalui penjagaan dan pelestarian alam khususnya Danau Sentani yang indah.

Menurut Habel, festival selama lima hari ini akan diisi dengan sejumlah kegiatan seperti tari-tarian Adat dari seluruh suku yang ada di Papua, pameran kuliner dan pameran kerajinan tangan asli Papua. Maksud dari tema festival kali ini, kata Habel Suawe, yakni selain untuk menggali dan melestarikan nilai budaya, juga untuk pelestarian dan pemeliharaan lingkungan, peningkatan taraf hidup manusia sebagai orang yang berbudaya,

Pada Festival Danau Sentani kali ini, 15 anggota DPR RI turut hadir pada acara pembukaan. Anggota DPR RI yang hadir antara lain Etha Bulo, Popong Itje Junjunan dan Diaz Wijanggen.

Festival Danau Sentani hanyalah salah satu dari berbagai festival kebudayaan yang dimiliki Papua. Papua juga memiliki festival lain yang juga banyak dikunjungi wisatawan mancanegara seperti Festival Raja Ampat, Festival Budaya Asmat dan Festival Lembah Baliem.

Kinclong Sepanjang Hari, Nilai Transaksi Perdagangan Saham BUMI Capai Rp 412 miliar

Laporan Banjir Ambarita | Jayapura

VIVA Militer: Pangkoarmada I pimpin Sertijab Danlantamal XII Pontianak

Laksma TNI Avianto Resmi Pegang Tongkat Komando Lantamal XII Pontianak

Laksma TNI Avianto menggantikan Laksma TNI Laksma TNI Agoeng MKS yang baru mendapatkan kepercayaan untuk menempati posisi barunya sebagai Wadan Seskoal

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024