MA: Peradi Organisasi Advokat yang Sah

Ketua Mahkamah Agung, Harifin A Tumpa
Sumber :
  • mahkamahagung.go.id

VIVAnews - Ketua Mahkamah Agung Harifin A Tumpa mengatakan wadah advokat yang diakui hanya satu, yakni Perhimpunan advokat Indonesia. Dia menginstruksikan kepada Ketua Pengadilan Tinggi untuk mengambil sumpah advokat yang telah dinyatakan lulus dan diusulkan Peradi.

"Satu-satunya organisasi advokat yang sah adalah Peradi," kata Harifin di Gedung MA, Jakarta, Kamis 24 Juni 2010.

Dia mengimbau masyarakat agar tidak terpancing mengikuti ujian advokat yang dilaksanakan oleh organisasi yang tidak diakui permerintah.

Dia berharap bersatunya advokat dalam satu wadah berimplikasi penegakan hukum berjalan normal. "Karena selama ini ada sebagian orang yang menganggap bahwa penegakan hukum kita tak normal sehingga dibentuk institusi-institusi ad hoc antara lain KPK dan satgas mafia hukum," katanya.

Harifin menekankan advokat merupakan bagian penting dalam penegakan hukum sebagaimana diatur pasal 38 UU Kehakiman. "Pasal 38 UU Nomor 48 Tahun 2009 menyatakan bahwa selain MA dan badan-badan lain peradilan dibawahnya serta MK, terdapat badan-badan lain berkaitan dengan kekuasaan kehakiman yaitu polri, JPU, advokat dan lembaga Mahkumjakpol (MA, Kemenkum HAM, Kejaksaan Agung dan Kepolisian)," katanya.

Harifin pun berharap bersatunya Kongres Advokat Indonesia dan Perhimpunan Advokat Indonesia dapat memperkuat Mahkumjakpol. Dia yakin dengan masuknya advokat ke mahkumjakpol penegakan hukum semakin kuat.

"Apabila lembaga tersebut dapat menciptkaan integrated criminal system. maka saya yakin kepercayaan masyarakat akan pulih dan mendukung institusi penegakkan hukum tersebut di dalam penegakkan hukum," katanya.

Tumpa mengajak advokat menepis sinyalemen masyarakat yang menilai advokat sebagai mata rantai dari mafia hukum. "Akan kita buktikan bahwa mafia hukum akan diberantas setidak-tidaknya dikurangi apabila polisi jaksa hakim advokat sama untuk memerangi mafia hukum," ujarnya.

Denny Cagur Lolos Jadi Anggota DPR, Gimana Kariernya di Dunia Entertainment?
Mazda EZ-6

Mazda Hadirkan 2 Mobil Keren di Auto China 2024

Changan Mazda Automobile Corporation Ltd yang merupakan perusahaan patungan antara Mazda Motor Corporation dan Chongqing Changan Automobile, meramaikan pameran Auto China

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024