Kemendiknas Sediakan Rp3,3 T Untuk Beasiswa

Jam Masuk Sekolah
Sumber :
  • ANTARA/Saptono

VIVAnews - Wakil Menteri Pendidikan Nasional, Fasli Djalal, mengatakan Kementerian Pendidikan Nasional menyediakan beasiswa tahun 2010 sebesar Rp3,3 triliun. Jumlah ini meningkat sebanyak Rp1 triliun dari tahun lalu.

Hal ini dikatakan Fasli usai Rapat Revitalisasi Pramuka di Istana Wakil Presiden, Rabu, 7 Juli 2010. "Tahun lalu sekitar Rp2,2 sampai Rp2,3 triliun. Hampir 50 persen kita naikkan," kata dia.

Adapun rinciannya adalah beasiswa diberikan kepada 2,2 juta siswa Sekolah Dasar, 900 ribu siswa Sekolah Menengah Pertama, dan 600 ribu siswa Sekolah Menengah Atas.

"Kalau SD itu Rp360 ribu per orang tiap bulan. Kalau SMP lebih dari Rp500 ribu tiap bulan. Kalau SMA Rp780 ribu tiap bulan," ujar Fasli.

Fasli menjelaskan, beasiswa ini merupakan upaya menjangkau orang tua yang memang tidak mampu. "Mampu membayar masuk tapi biaya baju, biaya sepatu, biaya transpor, kadang-kadang jajan, membeli buku dan alat tulis. Itu yang kami lindungi," ucap Fasli.

Sedangkan untuk beasiswa khusus mahasiswa perguruan tinggi, Pemerintah memberikan beasiswa sebanyak Rp1 triliun. Satu mahasiswa mendapatkan beasiswa sebesar Rp 10 juta per tahun.

"Dengan harapan dia tidak bayar lagi SPP apapun. Kemudian biaya hidupnya kita subsidi antara Rp500 ribu sampai Rp750 ribu per orang tiap bulan," jelas Fasli.

Bagaimana cara mendapatkan beasiswa itu? Fasli menjelaskan, sekolah yang diberitahu mendaftarkan muridnya yang terpilih, yang diterima di perguruan tinggi.

Sedangkan untuk SD - SMA, proporsi ditetapkan pemerintah kabupaten dan kotamadya setempat berdasarkan tingkat kemiskinan.

LIVE: Momen Bersejarah Raja Aibon Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak TNI ke Letkol Danu
Catherine Wilson

Terpopuler: Catherine Wilson Malu sampai Atta Halilintar Kirim Doa

Round-up dari kanal Showbiz pada Jumat, 19 April 2024. Salah satunya tentang Catherine Wilson yang merasa malu karena mobil pemberian Idham Masse ditarik leasing.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024