Benarkah Jaksa Sirus Terlibat Bebaskan Gayus

Jaksa Cirus dan Poltak Diperiksa Mabes Polri : Cirus Sinaga
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Mantan Ketua Tim Jaksa Peneliti kasus Gayus Tambunan, Sirus Sinaga disebut dalam persidangan kasus mafia pajak dengan terdakwa penyidik Polri AKP Sri Sumartini. Ia diduga terlibat dalam rekayasa kasus Gayus.

Dugaan mencuat dalam kesaksian Kompol Arafat yang mengatakan bahwa pernah ada pertemuan penyidik dengan Jaksa Cirus Sinaga dan Fadil Regan. "Setelah pertemuan itu ada penambahan pasal 372 KUHP (tentang penggelapan)," kata Arafat.

Arafat mengatakan, penambahan pasal itu merupakan gagasan Cirus agar kasus Gayus bisa masuk ke pidana umum, bukan pidana khusus. Sebelum pasal itu muncul, Gayus dikenakan pasal tindak pidana korupsi, dan pencucian uang.

Dalam kesaksiannya, Arafat juga mengatakan bahwa pernah ada pertemuan di Hotel Crystal. Belakangan, ia baru mengetahui bahwa mereka adalah rekan pengacara gayus, Haposan Hutagalung. "Saya baru tahu mereka rekan-rekannya Pak Haposan, ya Poltak, Pak Cirus," katanya.

Kesaksian yang serupa juga pernah disampaikan Arafat saat sidang kode etik beberapa bulan lalu. Kala itu, ia mengatakan pernah menghadiri pertemuan bersama Cirus, jaksa Fadil Regan, dan Haposan Hutagalung di Hotel Crystal.

Dalam pertemuan itu, Cirus meminta agar Gayus hanya dikenakan pasal pengelapan dana wajib pajak. Sedangkan pasal korupsi dan pencucian uang diminta untuk dihilangkan. Akibatnya, Pengadilan Negeri Tangerang memvonis bebas Gayus. (umi)

Cara BRI Sikapi Ketidakpastian Global dan Era Suku Bunga Tinggi
Dude Harlino dan Alyssa Soebandono Menyambut Anggota Keluarga Baru

Terungkap, Arti Nama Anak Perempuan Dude Harlino dan Alyssa Soebandono

Dude Harlino dan Alyssa Soebandono menyiapkan dengan baik sehingga nama anaknya itu memiliki arti yang bagus.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024