Mengapa Gunung Karangetang Meletus

Gunung Slamet Siaga
Sumber :
  • ANTARA/Idhad Zakaria

VIVAnews - Sebanyak empat warga dinyatakan hilang menyusul letusan Gunung Karangetang di Siau, Sulawesi Utara. Mereka masih dalam pencarian petugas.

"Ada empat warga yang hilang, satu luka berat terkena awan panas," kata Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Surono. Korban terdiri dari satu keluarga, ayah, ibu dan dua orang anak.

Surono menjelaskan, letusan dipicu tekanan tinggi di dalam kubah lava. Gunung berapi terdiri dari sejumlah kubah lava. Saat hujan, air akan masuk. Kondisi ini akan memicu tekanan tinggi di dalamnya dan membongkar kubah lava. "Saat itulah terjadi letusan," ujarnya.

Gunung Karangetang memuntahkan lava dan abu panas hingga ratusan meter ke udara. Letusan besar juga pernah terjadi pada Juli 2006 yang mengakibatkan hampir 4.000 warga dari lima mengungsi.

Letusan yang terjadi kali ini juga membuat warga di sekitar mengungsi. Akses transportasi ke lokasi bencana juga dikabarkan lumpuh setelah jembatan ambruk akibat endapan lahar panas.

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang terletak di jalur Cincin Api Pasific yaitu gugusan gunung berapi di wilayah Pasific. Jalur ini umumnya rawan letusan dan gempa vulkanik. (sj)

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi
Pemain Real Madrid, Joselu

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Manchester United tertarik pada penyerang tengah yang musim ini bermain untuk Real Madrid, Joselu. Man Utd sedang berupaya mencari celah guna mendapatkan pemain buruannya

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024