Awas! Cuaca Ekstrem di Jalur Suramadu

Jembatan Suramadu
Sumber :
  • ANTARA/Eric Ireng

VIVAnews - Angin ekstrim yang melanda sebagian wilayah Indonesia membuat pihak pengelola Jembatan Suramadu menutup sementara jalur Suramadu selama beberapa jam, Kamis malam.

Petugas Sentra Komunikasi PT Jasa Marga Persero, Wibisono menyatakan, penutupan dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan akibat kencangnya angin di wilayah Indonesia bagian timur itu, Surabaya khususnya.

"Penutupan dilakukan karena terjadi angin kencang malam tadi, dan ditutup selama hampir satu jam," kata Wibisono kepada VIVAnews, Jumat 13 Agustus 2010.

Menurutnya, angin kencang ini akan berbahaya sekali bagi pengendara, khusus roda dua. Karena itu penutupan dilakukan mulai dari arah Surabaya maupun sebaliknya dari Madura.

Kemudian, jalur untuk sepeda motor dibuka kembali menyusul kecepatan angin yang berangsur mereda. Ditambahkan, hingga malam pukul 23.00 Wib, kecepatan angin di sekitar jembatan yang panjangnya 5,4 km itu mulai mencapai kategori norma,l yakni 35 km perjam.

"Namun, tetap waspada terkadang angin dan iklim sering berubah-ubah dan itu akan berdampak pada pengguna jalan, terutama kendaraan roda dua, dia akan terpelanting," tuturnya.

Sementara, Machfud seorang pengguna jalan mengaku harus menunggu selama satu jam, karena jalan ditutup. Diakuinya memang saat itu angin bertiup kencang.

"Iya, kami sempat menunda perjalanan pulang ke Madura, karena dilakukan penutupan sementara oleh petugas," kata M Machfud warga yang akan menyeberang ke Madura.

Laporan: Tudji Martudji | Surabaya

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya
Pencarian pendaki di Gunung Lompobattang (Foto Ilustrasi).

Keren! Mbah Wahyuni, Pendaki Berusia 71 Tahun yang Sudah Taklukkan Banyak Gunung di Indonesia

Meskipun usia dari Mbah Wahyuni atau kerap disapa Mbah Yuni ini sudah tidak lagi muda, namun semangatnya masih sama dengan para pendaki yang usianya jauh dibawah 40 tahun

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024