Keberadaan Kapolri Versi Juru Bicara

Bambang Hendarso Danuri
Sumber :
  • VivaNews/ Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Inspektur Jenderal Edwrad Aritonang memiliki versi berbeda mengenai keberadaan Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri hari ini. Menurut Edward-- yang seharusnya siang ini serah terima jabatan menjadi Kapolda itu --Kapolri menghadiri suatu acara internal Polri.

Nikita Mirzani Nilai Kelakuan Lolly Semakin Memperburuk Keadaan

Kapolri membatalkan pelantikan lima pejabat utama polri, kata Edward, bukan karena dipanggil oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagaimana diberitakan sidang tadi. Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha,  sebelumnya mengkonfirmasi hal itu. Dia menegaskan bahwa  menyatakan tak ada agenda rapat Presiden dengan Kapolri.

"Penundaan bukan karena Kapolri dipanggil Presiden ke Cikeas, tapi karena suatu hal," kata Edward dalam acara Lepas Sambut Kadivhumas Polri di gedung Bhayangkari, Mabes Polri, Jakarta, Jumat 13 Agustus 2010.  Lalu acara penting itu ditunda karena alasan apa? "Ada lah acara internal kepolisian," kata Edward.

Menurut dia, hari ini Kapolri mempunyai dua agenda yang waktunya berdekatan, salah satunya serah terima jabatan pejabat utama di Mabes Polri itu. Kapolri, kata dia, terlebih dahulu mendatangi acara pertama, dan direncanakan memimpin upacara sertijab untuk acara berikutnya.

Namun, pelaksanaan agenda Kapolri tak sesuai dengan rencana semula. Meski acara serah terima jabatan --yang sedianya digelar pukul 08.00 WIB itu sempat diundur pukul 09.00 WIB, namun ternyata lagi-lagi Kapolri tidak sempat memimpin upacara sertijab di gedung Rupatama Mabes Polri.

Sehingga acara itu terpaksa dibatalkan, padahal para pejabat yang akan dilantik telah berkumpul. Bahkan, para wartawan telah bersiap meliput acara itu.

Lantas, apakah panitia tidak mengetahui adanya agenda tersebut? "Iya udah tahu semua. Tadinya sudah diatur untuk bisa bersamaan, ternyata tidak bisa dan diundur Senin atau setelah tanggal 17 Agustus," kata dia.

"Saya baru ditelpon kalau bukan Senen, ya habis 17 Agustus. Saya klarifikasi kesimpangsiuran itu," Edward menegaskan.

Namun, lagi-lagi pernyataan ini menimbulkan spekulasi baru. Edward tidak menyebutkan acara apa dan dilaksanakan di mana acara tersebut. Dia hanya mengatakan acara itu acara internal Polri yang digelar di suatu tempat di Jakarta. "Ini internal Polri, kerjaan profesi," kata dia.

Edward pun mengatakan saat ini Kapolri telah berada di rumahnya. "Sudah sampai di rumah di Jakarta," kata dia.

Namun di saat yang sama, Staf Ahli Kapolri Kastorius Sinaga memiliki versi yang lain lagi. Kastorius yang mengaku ditelepon Kapolri menyatakan Bambang Hendarso berada di rumah, tidak ke mana-mana.

"Yang benar adalah Bapak Kapolri istirahat di rumah dinas. Beliau kurang enak badan karena kelelahan dalam kerja," ujar Kastorius.

Kastorius menyatakan, satu hingga dua hari ini, Hendarso butuh istirahat. "Gejala kurang sehat ini dialami oleh kapolri sehabis sahur tadi pagi. Info ini dapat digunakan untuk meredakan kasak kusuk tentang keberadaan Kapolri," ujarnya.

Beredar Foto Sempat Bertemu PM Israel Netanyahu, Gus Yahya: Pertemuan Diplomatik
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan [dok. Instagram @luhut.pandjaitan]

Luhut Sebut Apple Juga Sangat Tertarik Investasi di IKN

Luhut juga menegaskan bahwa Apple juga sangat tertarik investasi di bidang Artificial Intellegence (AI) di IKN.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024