Fadel Menolak Tukar Guling Nelayan Malaysia

Menteri Kelautan Fadel Muhammad lelang harta karun di laut Cirebon
Sumber :
  • Antara/ Ujang Zaelani

VIVAnews - Terkait penangkapan tiga petugas Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kepulauan Riau oleh Polisi Diraja Malaysia, Menteri DKP Fadel Muhammad menolak ide tukar guling. Pasalnya, ia menilai hal ini tidak semata-mata persoalan barter.

"Dari pembicaraan di lapangan, polisi (Malaysia) dengan kita, maunya mereka supaya tukar guling. Tapi kita bilang tidak demikian, ini kan ada hal-hal yang harus disesuaikan dengan UU yang ada," ujarnya saat memberikan keterangan di Jakarta, Minggu 15 Agustus 2010.

Sebelumnya, FadelĀ  menyayangkan karena dalam satu tahun ini saja, insiden seperti ini sudah terjadi sekitar sepuluh kali, baik dengan Malaysia atau pun negara-negara tetangga lainnya.

Tetapi mantan Gubernur Gorontalo ini mengambil hikmah dari sejumlah kejadian dengan negara-negara itu, khususnya Malaysia. Ia mengaku akan menjadikan ini sebagai momentum untuk menata ulang hubungan diplomatik sekaligus yang terkait dengan persoalan teritori dengan negeri jiran tersebut.

"Saya mau ini menjadi momentum dalam mengatur batasan perairan dan kerja sama dengan Malaysia," ujarnya.

Menteri asal Partai Golkar ini geram, karena selain berbendera Malaysia, kapal yang digunakan untuk mencuri Sumber Daya Alam Indonesia adalah milik Thailand.

"Yang paling saya tidak senang, kapal Thailand dipakai bendera Malaysia, ambil ikan kita. Izin pun mengambil dengan izin Malaysia," kecamnya.

Presiden SBY sendiri melalui para menterinya mengakui, sudah menjalin komunikasi dengan pihak Malaysia. Ia ingin agar persoalan ini diselesaikan dengan sebaik-baiknya dan jangan sampai menimbulkan ketegangan baru. (umi)

Geger Penemuan Fosil Ular Lebihi Ukuran T-rex, Begini Bentuknya
Ilustrasi kiamat.

Terkuak 5 Kejadian yang Terjadi di Dunia Dikaitkan Ketakutan soal Kiamat

 Kiamat merupakan peristiwa hancurnya kehidupan alam semesta. Kiamat adalah sesuatu yang diyakini dan disepakati oleh ilmu pengetahuan maupun agama. Tak ada satupun tahu

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024