Diselidiki, Kaitan Rampok Medan dan Terorisme

foto ilustrasi
Sumber :

VIVAnews - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Utara Inspektur Jenderal Oegroseno belum bisa memastikan apakah perampokan Bank CIMB Niaga di Jalan Aksara Medan murni tindakan kriminal atau ada motif lain.

Namun, berdasarkan jumlah perampok yang lebih sepuluh orang, menurut Oegroseno, merupakan hal luar biasa. Saat ditanya apakah pelaku merupakan kelompok sipil bersenjata, Oegroseno belum bisa memastikan.

Letak Sumatera Utara yang berbatasan dengan Aceh yang merupakan daerah bekas konflik, menurut dia, bisa menjadi pintu masuk senjata. Selain itu, Sumatera Utara juga berbatasan dengan perairan Malaysia dan Riau.

“Murni kriminal bisa iya dan bisa juga tidak. Bisa juga terkait dengan
orang-orang yang dicari terkait terorisme selama ini. Itu bisa juga,”
ujar Oegroseno.

“Kelompok lebih dari sepuluh orang dan mereka berpindahnya membutuhkan waktu. Saya rasa mereka sudah latihan. Kalau tidak latihan tidak bisa begitu,” tambah dia.

Perampok Bank CIMB Niaga di Jalan Aksara Medan pada pukul 12.15 WIB, Rabu 18 Agustus 2010 menewaskan Briptu Imanuel Simanjuntak yang ditugaskan menjaga bank terebut. Seorang satpam bernama Muhdiantoro kritis juga disebabkan tembakan perampok.

Oegroseno  mengungkapkan, perampok juga membawa satu pucuk senjata laras panjang milik Briptu Imanuel. Senjata itu didapat setelah Briptu Imanuel berhasil dilumpuhkan.

"Senjatanya dibawa. Saya belum bisa jelaskan jenisnya apa karena masih menunggu olah tempat kejadian perkara," ujarnya.

Dia menambahkan,  peningkatan sistem pengamanan di bank dan objek vital lainnya akan menjadi prioritas. Ke depan, perusahaan jasa pengamanan diarahkan tidak hanya meningkatkan personel, tetapi juga kemampuan di bidang teknologi pengamanan dan informasi. (umi)

Laporan: PRB | Medan

Organisasi Liga Muslim Dunia Ucapkan Selamat ke Prabowo: Semoga RI Makin Maju
VIVA Militer Letkol Inf Ardiansyah alias Raja Aibon Kogila

Rekam Jejak Luar Biasa Raja Aibon Kogila 821 Hari Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI

Dari hidupkan kota mati di sarang OPM hingga sejahterakan prajurit.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024