Ratusan TKI Akan Dikirim ke Amerika Serikat

Jumhur Hidayat menyalami TKI
Sumber :
  • Antara/ Benny S Butarbutar

VIVAnews - Pemerintah akan memberangkatkan 500 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke Amerika Serikat. Nantinya, TKI akan ditempatkan di sejumlah perkebunan di Negeri Paman Sam itu. 

Ketua Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI) Jumhur Hidayat mengatakan, permintaan tenaga kerja oleh Amerika itu sudah ada di pemerintah, sehingga sejumlah daerah diminta mempersiapkan Sumber Daya Manusianya.

72 Narapidana Terorisme Ucapkan Ikrar Setia NKRI

"Perintah kerjanya sudah ada, kita sudah siapkan TKI dari NTB untuk diberangkatkan ke Amerika," kata Jumhur, Senin 30 Agustus 2010.

Mereka akan digaji US$ 8,85 per jam, dengan lama kerja delapan jam per hari   selama lima hari per minggu. Para TKI yang akan ditempatkan di asrama ini juga mendapat perlindungan asuransi kesehatan.

Media Korsel Sorot Timnas Indonesia: Senjata Paling Berbahaya Mereka Adalah STY

Selain ke Amerika Serikat, negara lain yang juga tengah dipersiapkan adalah ke Timur Tengah. Para TKI ini akan dipekerjakan sebagai tenaga perawat, yang kebutuhannya cukup tinggi.

"Kita akan berangkatkan mereka, jumlanya belum ditentukan hanya saja mereka butuh ribuan orang," ujar Jumhur. Diakuinya, selama ini, tenaga perawat di Timur Tengah di dominasi oleh Philipina.

Nusa Tenggara Barat adalah provinsi yang menjadi daerah penyalur Tenaga Kerja cukup besar terutama untuk Malaysia dan Negara Timur Tengah.

Tahun 2009 lalu sebanyak 53 ribu orang Tenaga Kerja asal NTB diberangkatkan ke Luar Negeri. Rata-rata tenaga kerja  tersebut bekerja di sektor perkebunan kelapa sawit dan sektor Rumah Tangga.

Laporan: Edy Gustan | Mataram

The All-New Citroen C3 Aircross

Alasan Citroen Masih Enggan Pasarkan Mobil Hybrid di Indonesia

Pabrikan otomotif asal Prancis, Citroen menyampaikan masih enggan bermain di segmen mobil Hybrid untuk pasar Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024