Sinabung Meletus, Riau Bandara Alternatif

Pesawat di Bandara
Sumber :
  • muhammad.firman/VIVAnews

VIVAnews - Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II (SSK II) Pekanbaru, Riau, bisa dijadikan bandara alternatif atau pengganti kalau pendaratan penerbangan tak bisa dilakukan di Bandara Polonia, Medan, terkait letusan Gunung Sinabung.

Hal itu disampaikan Kepala Cabang Angkasa Pura II Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekqnbaru, Dedi Suryana, Senin 30 Agustus 2010.
"Terkait letusan Gunung Sinabung, bandara Sultan Syarif Kasim II bisa  dijadikan bandara alternatif," ujarnya.

Hanya saja, lanjut dia, saat ini kapasitas parkir cuma mampu menampung 11 pesawat saja. Bila harus dijadikan alternatif, tentu tidak seluruh pendaratan.

Lolos Jadi Anggota DPR, Denny Cagur Ungkap Kenangan Haru dengan Almarhumah Ibu

"Kalau dialihkan semua ke Pekanbaru, pasti penerbangan di Pekanbaru akan terganggu," ujarnya sambil merinci dari 11 daya tampung parkir perawat tersebut 6 untuk pesawat berbadan besar dan 5 untuk pesawat berbadan kecil.

Meski demikian, sejauh ini belum ada pengalihan pendaratan dari Polonia ke Sultan Syarif Kasim II. "Semuanya masih normal," sebutnya.

Menurutnya, kawasan letusan gunung yang disertai semburan larva pijar tersebut, tidak dilalui oleh rute penerbangan Pekanbaru-Medan atau sebaliknya.

"Penerbangan hari ini lancar, tidak ada masalah. Semua penerbangan normal," ujarnya sambil menambahkan rute Pekanbaru-Medan dilalui oleh maskapai Sriwijaya dan Mandala setiap hari.

Sementara itu dilaporkan Asap tebal bercampur debu menyelimuti Gunung Sinabung, Sumatera Utara pasca-letusan semalam. Warga dilarang memasuki wilayah gunung di Kabupaten Karo ini.

Lahar panas keluar disertai debu vulkanik berwarna putih kehitaman. Debu juga menutupi atap rumah-rumah dan halaman di 14 desa yang ada di sekitar kaki Gunung Sinabung sampai radius 30 kilometer (km).

Debu tebal ini terlihat sampai di Kecamatan Sibolangit, perbatasan Kabupaten Karo dengan Kabupaten Deliserdang. Sedangkan debu tipis sampai ke Brastagi dan Kaban Jahe dimana sekitar 10 warga Kecamatan Maman Teran --wilayah di kaki Gunung Sinabung--mengungsi. Warga di dua kota mengenakan penutup hidung dan mulut. (umi)

Laporan: Ali Azumar | Riau

Viral Video Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

Viral Video Transformasi Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

Makeup pengantin adalah tata rias khusus yang dirancang untuk mempercantik dan menyempurnakan penampilan seorang pengantin pada hari pernikahannya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024