Penangkapan 3 Nelayan Malaysia Bukan Pamer

Marsekal (purn) Djoko Suyanto
Sumber :
  • Antara/ Ujang Zaelani

VIVAnews - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Djoko Suyanto menegaskan, ditangkapnya lagi tiga nelayan Malaysia di perairan Nunukan, Provinsi Kalimantan Timur, Minggu kemarin, tak bertujuan untuk pamer.

Penangkapan itu, adalah hasil operasi rutin yang dilakukan petugas Indonesia. "Bagus dong, berarti operasi kita berjalan," kata Djoko Suyanto kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Selasa 31 Agustus 2010.

Menurut Djoko, kegiatan operasi di laut adalah kegiatan rutin yang dilakukan petugas Indonesia. "Kalau temen-teman ke Bakorkamla (Badan Koordinasi Keamanan Laut) itu ada monitoring kapal-kapal kita yang beroperasi di wilayah laut, di Natuna juga ada. Jadi tidak hanya kemarin," jelasnya.

Secara terpisah, Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa mengatakan sudah menerima laporan soal penangkapan tiga nelayan Malaysia di Nunukan. Di mana, setiap aparat penegak hukum Indoensia berarti melakukan pengawasan di perbatasan, dan dikelola dengan baik.

"Harus dipahami Indonesia sangat tegas dan lugas. Selama ini penegak hukum memastikan kedaulatan Indonesia dihormati negara-negara tetangga, termasuk Malaysia," kata Marty. (umi)

Viral Dugaan Pelecehan Seksual Mahasiswa Undip, Korban Curhat Malah Dicekoki Miras
Ilustrasi simbol bendera PDIP saat Peringatan puncak Bulan Bung Karno 2023 di GBK

PDIP Harus Ambil Langkah Taktis jadi Oposisi Prabowo, Jangan Tersandera Hak Angket

PDIP masih berjaya di Pileg 2024 sehingga kursi Ketua DPR otomatis jadi jatahnya. PDIP masih bisa memainkan peran yang taktis di parlemen DPR untuk jaga marwah politiknya

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024