Polisi: Tabrakan Maut di Pemalang Human Error

KA Senja Utama hancur ditabrak di Pemalang
Sumber :
  • ANTARA/Oky Lukmansyah

VIVAnews - Kepala Divisi Humas Mabes Polri Inspektur Jenderal Iskandar Hasan memastikan penyebab tabrakan maut di Petarukan, Pemalang, Jawa Tengah, akibat kesalahan manusia atau human error.

KA Argo Bromo Anggrek menghantam KA Senja Utama yang tengah berhenti di jalur 3. Semestinya, Argo Bromo seharus menyalip KA Senja Utama melalui jalur 2. "Yang menabrak harusnya melintas di jalur 2 tapi malah masuk ke jalur 3, makanya terjadi tabrakan," ujar Iskandar. 

Kepolisian Resor Pemalang yang menangani kasus itu masih memeriksa intensif masinis dan penjaga lintasan. Fokus polisi adalah mencari tahu penyebab masuknya KA Argo Bromo Anggrek ke jalur KA Senja Utama.

"Apakah masinis yang mengabaikan arahan lalu lintas kereta atau justru pemberi arahan yang salah mengirim sinyal. Itu yang masih dalam pemeriksaan," Iskandar menambahkan.

Kecelakaan itu menewaskan sedikitnya 33 orang dan mengakibatkan korban luka berat hingga puluhan orang. Korban luka masih dirawat intensif di RS Santa Maria dan RSUD Hasyim Ashari Pemalang. Mayoritas korban adalah penumpang gerbong bagian belakang KA Senja Utama. (kd)

Taeyong Resmi Wajib Militer, Dapat Dukungan Hangat dari Anggota NCT
Presiden Jokowi dan Wapres KH. Ma'ruf Amin Serahkan Zakat

Jokowi Bakal Gelar Rapat Kabinet Terbatas Bahas Dampak Konflik Iran vs Israel Hari Ini

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) rencananya menggelar rapat internal untuk membahas situasi geopolitik dunia pada hari ini.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024