Ito Sumardi: Saya Belum Diberi Tahu

Kabareskrim Polri Komjen Polisi Ito Sumardi.
Sumber :
  • ANTARA/Prasetyo Utomo

VIVAnews -- Kepala Badan Reserse dan Kriminal Polri, Komisaris Jenderal Ito Sumardi mengaku tidak mengetahui soal isu pencalonannya sebagai Kapolri. Sampai hari ini ia belum mendapat pemberitahuan.

"Tentunya, saya kan punya pimpinan, Pak Kapolri. Jadi saya sendiri belum ada pemberitahuan dari beliau," kata Ito di Kejaksaan Agung, Senin 4 Oktober 2010.

"Saya harus melaporkan ke Pak Kapolri dulu yah, karena saya juga butuh bertemu dengan beliau. Jadi biar masalah ini berjalan sesuai dengan apa adanya lah."

Ito bahkan mengaku belum pernah dipanggil terkait isu pencalonannya.
"Karena semua kan sudah berjalan sesuai dengan mekanisme yang ada. Adapun kalau memang ada keputusan lain dari pimpinan negara, tentunya saya juga menunggu dari pimpinan saya, Pak Kapolri, untuk bisa menyampaikan apakah ini suatu keputusan yang harus kita jalankan," kata dia.

Meski demikian, sebagai prajurit, Ito mengaku akan mematuhi semua perintah pimpinan. "Pimpinan saya kan Pak Kapolri dengan Presiden. Apa yang menjadi perintah pimpinan, saya harus menjalankan dengan penuh tanggung jawab dan seoptimal mungkin," tambah dia.

Soal pemilihannya jadi calon sebagai jalan tengah, Ito mengaku tak tahu. "Saya nggak tahulah. Saya sama sekaliĀ  nggak tahu masalah itu. Jadi saya kira kita tidak usah berandai-andai. Mari kita tunggu keputusan dari pimpinan," kata Ito.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Polisi Bambang Hendarso Danuri memastikan dua calon yang dikirim Markas Besar Polri adalah Komisaris Jenderal Nanan Soekarna dan Komisaris Jenderal Imam Sudjarwo.

"Sistemnya itu kami sudah siapkan dua nama. Sesuai sistem saja," kata Bambang Hendarso Danuri di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Senin 4 Oktober 2010. Dua nama, apakah Nanan Soekarna dan Imam Sudjarwo? "Iya betul," tegas Bambang Hendarso.

Kapolri minta masyarakat jangan terlalu berandai-andai bila ada nama lain yang mencuat.

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia

Nama Ito baru muncul belakangan. "Bocoran yang diterima anggota DPR khususnya Komisi III, memang 90 persen nama yang akan diajukan Presiden SBY yakni Kabareskrim Komjen Pol Ito Sumardi," kata Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Golkar, Bambang Soesatyo saat dihubungi VIVAnews di Jakarta, Minggu 3 Oktober 2010.

Wakil Ketua DPR Pramono Anung melalui akun twitter @pramonoanung memberikan bocoran bahwa calon Kapolri pernah menjabat sebagai Kapolwil Surabaya. "Kapolrinya....pernah jadi Kapolwil Surabaya" tulis Pram.

Seperti diketahui, Kabareskrim Komjen Pol Ito Sumardi merupakan jebolan Akabri 1977. Dalam kariernya, pria kelahiran Bogor 17 Juni 1953 pernah menjabat sebagai Kapolwiltabes pada 2001-2003 dan menjabat sebagai Kapolda Riau 2005-2006 serta Kapolda Sumsel 2006-2008.

Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024