SBY Minta TNI Bantu Polri Lawan Teroris

Presiden Periksa Pasukan TNI
Sumber :
  • Antara/ Eric Ireng

VIVAnews -- Dalam pidatonya pada Peringatan Hari TNI ke-65, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta TNI membantu Polri dalam menanggulangi aksi terorisme.

"Ke depan ini, saya meminta agar Polri dan TNI, dapat makin bersinergi dalam menanggulangi aksi-aksi terorisme di negeri kita," kata Presiden di Landasan Udara Halim Perdanakusuma, 5 Oktober 2010.

Ditambahkan SBY, pada saat yang diperlukan, TNI dengan tugas dan kewenangan yang diberikan oleh Undang-Undang, harus mendukung Polri untuk menanggulangi aksi-aksi terorisme.

"Saya instruksikan kepada segenap aparatur pemerintahan di daerah, dengan melibatkan para tokoh masyarakat, bersama Polri dan Komando Teritorial TNI, untuk berperan aktif dalam menjaga kondisi keamanan di daerah saudara," kata SBY.

Di samping itu, kesiagaan dan tindakan cepat jajaran Polri dan TNI di seluruh penjuru tanah air juga sangat diperlukan.

Presiden SBY menggarisbawahi pentingnya melakukan langkah-langkah strategis dan operasional untuk menghentikan aksi-aksi terorisme.

"Ingin saya tegaskan sekali lagi, bahwa negara tidak boleh kalah, dan harus menang melawan terorisme. Terorisme adalah musuh negara, musuh kita bersama," tegas SBY.

Tak hanya terorisme yang disinggung Yudhoyono dalam pidatonya. Tapi juga soal gangguan keamanan berupa benturan fisik antar masyarakat di berbagai daerah.

Menurut SBY, benturan fisik antar komponen masyarakat sesungguhnya dapat dicegah. Perselisihan antar kelompok masyarakat mestilah dicarikan solusinya secara damai.

SBY meminta jajaran Pemerintah Daerah, bersama Kepolisian, untuk bersikap dan bertindak proaktif, dengan menggunakan pendekatan dan cara yang efektif untuk mencegah dan mengatasi gangguan-gangguan sosial dan keamanan itu.

"Kita harus memastikan, bahwa hukum di negeri ini tetap berdiri tegak, untuk mengayomi dan melindungi masyarakat. Tidak boleh ada sekelompok orang atau sekelompok masa yang dengan mudahnya membuat kerusuhan, keonaran, dan memaksakan kehendaknya dengan kekerasan pada pihak lain, bahkan penyerangan terhadap aparat negara." (umi)

Gunung Kidul Yogyakarta Diguncang Gempa, Getaran Terasa hingga Pacitan
Irish Bella.

Jelang Lebaran, Irish Bella Ajarkan Anak Cara Bedakan Nominal Uang THR

Setelah mengajarkan anaknya membedakan uang yang nominalnya lebih besar, Irish Bella juga melatih sang anak mencium tangan orang yang sudah memberikannya THR.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024