144 Titik Api, Riau Minta Hujan Buatan

Kebakaran hutan di Athena
Sumber :
  • AP Photo/Dusan Vranic

VIVAnews - Wakil Gubernur Riau yang juga Koordinator Pusdalkarhutla, H Raja Mambang Mit, meminta pemerintah pusat membantu Riau membuat hujan buatan untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan yang saat ini melanda Riau.

Menurut Mambang, saat ini ia sudah mengerahkan tim untuk memantau dan menangani titik api yang kini sudah mencapai sekitar 144 titik. "Terutama di Bengkalis dan Rokan Hilir, kita sudah turunkan tim untuk menanganinya," sebut Mambang, Selasa 19 Oktober 2010.

Ia mengakui, selain hutan, kawasan kebun sawit K2i yang diperuntukkan pemerintah provinsi Riau bagi masyarakat miskin juga ikut terbakar. Setidaknya, kata Mambang, saat ini ada sekitar 300 hektare kebun sawit K2i yang terbakar.

Untuk memaksimalkan penanganan kebakaran hutan dan lahan ini, Mambang juga meminta sejumlah perusahaan yang beroperasi Riau menjaga kawasan hutan dan lahan yang ada di sekitar perusahaannya.

"Saya minta tim yang diturunkan ke lapangan berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota setempat. Dan tindak tegas pelaku pembakaran," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Pusdalkarhutla yang juga Kepala BLH Riau, Fadrizal Labay  menyebutkan dari 144 titik api yang ada di Riau, 38 berada di kawasan perkebunan, 38 di kawasan HTI, 5 titik di HPH dan selebihnya Areal  Pengguna Lain (APL).

Laporan: MHD | Riau

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur
Game MMORPG Tarisland.

Game MMORPG Tarisland Siap Menggebrak, Ada Streamer Indonesia

Nimo secara khusus mengundang game MMORPG Tarisland yang sangat dinantikan-nantikan. Para tamu yang diundang, di antaranya streamer Depinaa dari Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024